#113 Mari belajar bahasa jepang sebelum ke negeri sakura

Bila anda ingin tinggal di negeri sakura agak lama bukan sekedar refreshing atau berlibur maka ada baik nya saya sarankan anda untuk belajar bahasa jepang terlebih dahulu di negara anda.. Karena kebanyakan org jepang tidak bisa bahasa inggris apalagi bahasa domisili kita sendiri.. Hehehehehe, ya iyahlah.. Eh, tp saya pernah lho ketemu org jepang yg bisa bahasa indonesia sedikit2.. Dia pernah tinggal di indonesia selama setahun, jadi dia bisa bahasa indonesia.. Ada lagi juga yg bisa bahasa indonesia karena dia adalah org yg mengajar bahasa jepang untuk org asing, jadi dia juga dapat ilmu bahasa dr org indonesia.. Hehehehe, lucu ya, jadi mereka bisa saling tukar bahasa gitu, saling mengajarkan..

Oh iyah balik lagi ke saran saya tadi agar anda belajar bahasa jepang dulu sebelum ke jepang.. Jika anda mau sekolah s2 atau mengambil jurusan magister, biasa nya ada kursus atau dapet materi pelajaran bahasa jepang dari tempat anda kuliah (ini saya hanya memperhatikan org yg sedang s2 ya..) klo mau kuliah s1 juga di jepang seperti juga akan mendapatkan materi atau mata kuliah bahasa jepang (ini pengalaman suami saya yg waktu itu dapat kuliah s1 di jepang).. Tp saya kurang tau juga ini bersifat general apa tidak.. Yang jelas, jika anda belum belajar bahasa jepang sama sekali, maka anda akan sedikit kesulitan untuk hidup di jepang..

Seperti saya yg sudah lama tinggal di jepang (sdh 7bulan, hehehehe anggap aja lama ya), saya agak kesulitan untuk hidup dan ngobrol dengan org jepang.. Misalnya untuk membeli sesuatu, berapa harga nya, membaca komposisi bahan nya, di mana letak barangnya, bisa diantar atau tidak barang yg kita beli, ada kartu belanja atau tidak?? Semua nya perlu kosakata jepang.. Atau setidaknya anda perlu menanyakan toilet dimana, maka anda perlu terjemahan tau dalam bahasa jepangnya.. 

Walaupun saya sudah 7bulan di jepang, tp saya jarang komunikasi dengan org jepang di sini.. Hidup bertetangga juga, hidup nya sendiri2, org jepang biasa nya lebih berkomunikasi dengan teman nya dibandingkan dengan tetangga.. Sebelum menetap di sini saya sdh berusaha kursus bahasa jepang di lbui selama 6bulan tp saya hanya menjlankan 5bulan.. Jadwalnya macam2, saya ambil yg di depok, hari sabtu jam 08.30 sampai jam 13.00.. Nah di lbui itu yang ngajar adalah mahasiswa jurusan bahasa jepang.. Yang ngajar masih muda2, ya seumuran saya ini, malah lebih muda, sktr 24thn gitu.. Belajar nya juga masih santai, banyak bercanda nya juga.. Lebih enak klo kita belajar bahasa jepang nya di Indonesia terlebih dahulu, karena yg ngajar org Indonesia, klo kita gak paham, kita bisa bertanya dengan menggunakan bahasa Indonesia.. Klo udah di jepang, klo bingung, tanya nya pake bahasa Inggris.. Jadi ada baik nya kursus bahasa jepang di Indonesia dulu ya.. Saya agak kurang puas dengan menjalankan kursus selama 5 bukan di lbui.. Mungkin ada baik nya kursus nya minimal selama 1tahun.. Nah bisa juga ambil kursus di tempat lain, yang penting belajar bahasa jepang nya di Indonesia dulu.. Buku yang dipakai dalam kursus ini adalah minna no nihon go..

Selain itu, saya juga belajar bahasa jepang nya dr sini http://www3.nhk.or.jp/lesson/indonesian/learn/list/5.html ini contoh pelajaran 5.. Silahkan klo mau lihat pelajaran lainnya.. Sekarang sdh pelajaran 40an.. Pelajaran nya ada penjelasan dalam bentuk pdf dan bisa juga di download dalam bentuk mp3 sehingga bisa di dengar percakapan nya.. Lama nya audio pelajaran ini adalah 10 menit setiap materi.. Lumayanlah nambah2 ilmu sambil jalan menuju ke kantor klo saya lagi jalan dr stasiun menuju kantor pagi2 atau klo lagi di kereta, ya denger2 pelajaran ini aja daripada bengong.. Hehehehehe..

Pas nyampe di jepang, saya belum bisa kursus bahasa jepang di sini.. Biaya kursus di sini sekitar 41rb yen perbulan, biaya pendaftaran nya saya kurang tau.. Klo mau ambil paket selama 6bulan intensif bisa menghabiskan sekitar 270rb (biaya pendaftaran saya kurang tau).. Ini kursus nya di unitas.. Berhubung tidak punya uang yg cukup buat kursus, jadi saya tidak kursus di sana.. Saya di jepang, mencari kursus bahasa yg gratis saja, alhamdulillah bisa kursus di kampus papa akira, karena saya adalah istri dr seorang mahasiswa di universitas yamanashi.. Belajar kursus nya hanya 3 bulan, selama 100menit seminggu sekali.. Belajar kursus nya mulai bulan nopember sampai dengan januari.. Yang ikut lumayan sih sekitar 10 org yang berasal dr berbagai negara, seperti thailand, vietnam, indonesia, nepal.. Dan mereka semua adalah mahasiswa universitas yamanashi, ada yang s3 dan ada juga yg researcher dan saya adalah outlier, hanya ibu rumah tangga.. Yang mengajar adalah orang jepang, bahasa yang dipakai dalam mengajarkan kami adalah bahasa Inggris.. Buku yang dipake adalah marugoto, belajar nya bukan grammer tp belajar perckapan biasa.. Pelajarannya juga bisa di download melalui marugoto plus yang bisa anda search lewat google, lalu masuk ke website nya. Pelajarannya bisa di dengar dan bisa dilihat video nya, misalnya bagaimana menyapa seorang guru dan teman.. 

Ini adalah foto saya dan temen2 saya yg kursus bahasa jepang di universitas yamanashi..

  

Selamat belajar bahasa jepang ya,. Mudah2n pas sudah nyampe di jepang, sudah lancar bahasa jepang nya, jangan seperti saya yg masih belum banyak vocab nya sampai saat ini.. Sangat bermanfaat sekali bila kursus bahasa jepang dulu di negeri sendiri sebelum ke negeri sakura..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s