#110 Bendera Putih Berkibar Untuk Membuat Cake..

…Gosong.. 

Kata2 yg ada dalam hidup saya pada saat ini adalah “gosong”, “bantat”, dan “gak mteng”.. Tiga kata ini lagi menyelimuti masakan saya selama seminggu pertama nyoba2 bikin kek (red cake) dan pizza.. Padahal alat2 dh lengkap, masih aja gagal total.. πŸ˜₯ 

Mulai hari ini nih ya, catet nih ya, mulai hari ini (saking jengkel nya dengan kejadian sampai hari ini..) tepat nya tanggal 07 maret 2016 saya kibarkan bendera putih untuk membuat cake 🍰 atau keki (dalam bahasa jepang) atau bolu atau apalah yg sejenis2 makanan manis nan cantik kesukaan saya itu.. Habis klo buat gagal maning terus tentang penampilan 😭😭😭, soal rasa bagi saya tetep enak, karena emang saya doyan makan πŸ˜πŸ˜˜πŸ˜‹. Apa tangan saya ini, tangan yg ditakdirkan untuk tidak sukses bikin kue2 ?? Padahal alat dan bahan sudah terpenuhi, hiks.. Dulu gagal maning bikin kue dengan alasan alat seadanya,. Sekarang alat dah ada dan bahan dah siap, tp kok weleh2, hasil nya tetep aja gak memuaskan dan gak sesuai dengan yang diharapkan.. 

Jadi cerita nya nih ya, saya itu dah beli oven listrik dan mixer segala sengaja tuh biar saya bisa bikin2 kue dan cemilan serta masakan buat anak dan suami tercinta, biar mereka agak berisi dikit gitu body nya, jangan body emak nya aja yg berisi, selain itu juga, alasannya biar saya makin pinter masak dan ada pengalaman, selain itu juga saya senang dan merasa tertantang untuk memasak, selain itu juga, menyalurkan kesenangan alias sesuai fashion, alasan lain nya yaitu karena cake itu enak dan alasan terakhir adalah terlalu mahal buat jajan di luar, mending bikin sendiri dapet banyak.. Kwkwkwkwkwkwk.. πŸ˜…

Nyambung lagi ke cerita nya nih ya (masih dalam keadaan jengkel nulis cerita ini, karena keinget dengan kejadian kue gagal maning yg tidak bisa dijadikan model pemotretan, padahal sebelumnya dah terbayang-bayang bahwa hari ini akan ada model cantik yg akan tampil, tp apa boleh buat nasib berkata lain.. πŸ˜₯ ) semingguan ini, saya tuh dah belajar baking membaking, mulai dari bikin sus, bolu gulung, bolu jerman, bolu meranti, pizza, roti, dan alhasil mereka semua gosong.. Dan saya masih perlu mempelajari “nih oven kenapa ya, kok mau nya gosong melulu..” Kayaknya saya perlu banyak berbincang-bincang sama nih oven agar dia bisa memberikan tips yg tepat buat saya agar saya bisa mengenal dia lebih dekat, biar saya cinta dan selalu setia kepada si oven baru ini.. “Tolong, tolong bantu saya, oven.. Berikanlah dan kerjasama lah yg baik dengan saya, pahami keinginan saya, bersahabatlah dengan adonan kue saya πŸ™πŸ™πŸ™”, nih oven sambil dielus-elus dan perlu diketok sedikit kali ye..

“Bagaimana, bagaimana bisa agar adonan yg akan saya masukkan ke dalam oven ini mengembang sempurna dan enak dipandang sesuai keinginan saya??, sulaplah dengan abrakadabra agar nih kue bisa jadi model cantik saya.. Do shio kana??” Curhat saya dengan oven, hahahahaha.. Sekedar lucu-lucuan aja ya ini, sebenernya gak perlu gitu-gitu amat kali ya.. Kwkwkwkwkwkwkw.. πŸ˜† 

  
Klo yang ini nih, versi bolu gulung yg menghabiskan 5butir kuning telur, hasil nya adalah gosong dibawah, padahal dah nurutin resep, lama oven dan pemanasan oven nya.. Hahahaha, ternyata saya baru tau klo oven saya mungkin berbeda tuh sama oven org yg kasih resep, jadi klo pake oven saya, nurutin resep itu bakal ghost song.. Wajarlah ya, ghost song, mungkin lagu hantu ini sedang mengendap di rumah saya khusus nya di oven saya yg baru itu.. Tp tuh kue tinggal saya masukkan keju parut trus saya gulung, tetep aja jadi enak.. Hahahahaha.. Anak saya suka lho, dan tetep saya beri tau klo iyu gosong dikit.. Anak saya suka karena nih kue lembut bnget.. Dan pas saya gulung juga kue nya gak pecah, tidak saya pakein butter krim lho, hanya keju aja trus saya gulung.. 

  
Klo yang ini bikin kue versi bolu jerman.. Ini kue bagus tp belum sempurna seperti resep yg diupload.. Kulit nya tebal dan renyah, klo saya pelajari dari ilmu nya monic kitchen, kulit jadi tebal dan renyah disebabkan karena kelamaan manggang.. Dan agak sedikit bantat nih kue, tp bantat nya sedikit aja, sedikit lho gak banyak2.. Kue nya enak juga tp ternyata anak saya gak suka rasa vanilla.. Terpaksa saya lagi-saya lagi yang makan (nulis sambil ngunyah kue bantat sampe gendut nih.. Hihihihi)

  
Nah klo gambar saya yg diatas itu, gambar pizza gosong itu.. Saya pake nya resep nikmatul rosidah sebagai bahan adonan roti nya.. Trus saya oven sesuai dengan peraturan oven nya.. “Saya sedang taat nih, baca dulu petunjuk oven nya untuk bikin pizza, gak usah lihat pemanggangan dr resep”, eh eh eh alhasil tetep ghost song juga.. “Langsung mikir nih, kenapa begini, kenapa begitu”.. 

Terakhir nih ya, pas tgl 7 maret, mau bikin kue berlapis dengan tengah nya diberi cream dan dihias dengan buah strawberry dan kiwi.. Saya nyoba bikin cake nya ini dengan bahan dasar bolu gulung meranti.. Dan berhubung sebelumnya bikin cake selalu gosong, akhir nya saya nyoba masak kue di rak no 2 dr dasar dengan suhu 150 derajat dan oven sdh saya panaskan sebelumnya.. Lalu saya coba panggang dengan api bawah selama 10menit, dah tau kah anda saudara-saudara, ternyata kue nya gak mateng.. Saya coba panggang 10 menit lagi, tetep juga gak mateng.. Hahahaha.. Akhirnya saya panggang dengan api atas, dan yg mateng ternyata atas nya saja.. Bawah nya bantet, tet, tet.. Sayang kue yg ini gak ada foto nya.. Soalnya kayak bolu lapis, dia bisa digulung sih, tp dah ludes sama saya duluan..

Ya sdhlah saya pasrah dengan hasil cake yg sdh jadi ini, “bantat, gosong dan gak matang” gak papa lah, selanjutnya saya mau belajar dekor kue nya aja, saya dah beli strawberry dan buah kiwi serta butter yg banyak buat mendekor kue nya.. Saya ngintip resep ny monics kitchen tentang cara membuat butter ala chef juna.. Trus saya mencoba mengocok dengan mixer yg saya beli dan butter krim nya saya tarus di mangkuk aluminium, dan tau kah saudara saudara, buter dan gula nya pontang panting alias berhamburan keluar dr wadah nya.. Amazing saudara-saudara, baru kali ini saya mengocok butter dan berhamburan ke mana-mana, kaget sekali saya melihat nya..

Ya sdh akhirnya saya berhenti mengocok butter, kue nya gak jadi dan butter cream pun tak jadi.. Saya jadi melongok, kemudian berpikir, buah penghias yg akan saya pakai, akan dimakan sajalah klo begitu, dicemilin buat anak2 saja.. Kue nya saya yg cemilin, butternya saya masukkan ke kulkas dulu.. Mencari ide apa yg harus saya lakukan agar bisa menjadi butter cream..

Biarlah semua ini berlalu, menjadi pengalaman buat saya besok2 dan menjadi cerita untuk masa depan saya klo bahwa tidak mungkin manusia itu tidak mengalami kegagalan. Gagal adalah sebuah perjalanan menuju sukses dan hasil yg baik.. Tidak mungkin ada orang yg tiba di tujuan dengan pintu ajaib doraemon, yang tiba2 saja bisa sampai di tempat tujuan..

Selamat berjuang, sementara stop dulu bikin cake nya, mencari jalan dan cara dulu untuk memahami alat dan teknik nya dulu..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s