#109 Rahasia Sup Ayam Enak

..Sup Ayam.. 

  

Kali ini saya mau masak sup ayam karena sudah lama tidak masak sup ayam.. Ayam nya ini saya masak karena masih ada sisa ayam hasil soto ayam. Hasil rebusan ayam dr soto ini saya goreng, lalu saya suir2 sembarangan trus saya masukkan ke dalam sop ayam.. Trus, karena kemaren juga masih ada sisa soun, maka hasil rebusan soun yg kmrn saya cemplungkan juga ke dalam sup ayam nya sebagai pelengkap biar agak lebih rame gitu.. Saya menggunakan kaldu royco rasa ayam 1sdm sebagai pelengkap bumbu nya dan jamur shitake.. (Setelah kemaren sempet dikoreksi-koreksi sama suami tentang masakan saya yg kadang2 rasa nya kurang, maka nya sekarang pake tambahan kaldu untuk menambah selera makan.. Pada saat itu suami sedang sakit, ya mungkin makan nya jadi terasa gak enak semua) Tp kali ini masakan saya dipuji, kata nya sup ayam ini kayak sup ayam di hotel-hotel.. Katanya, “Kaldu ayamnya terasa, kaldu dari shitakenya jg terasa, potongan ayamnya jg enak, ada rasa asem2nya jg, tp tetep bening kuahnya.” Nah, begitulah testi dr suami saya pas saya bawakan bekal buat diri nya.. 

 Sebenernya masak nya hanya pake feeling, dan icip2 aja.. Saya juga gak tau dan gak inget sebetulnya resep dan takarannya bagaimana.. Tp saya hanya ingat bahan dasar dan bumbu nya saja..

Sup ayam hasil eksekusi 8 Maret 2016 jam 07.00.. Pagi ini, suhu nya tidak begitu dingin, kayak nya dingin nya sudah mulai turun jadi saya masak juga tidak begitu kedinginan dan gemeteran, jadi agak sanggup untuk berlama-lama ria di dapur (daidokoro, bahasa jepangnya).. Mengingat kemaren mendapat koreksi dr suami, maka dr itu, saya kali ini masak nya bener2 dengan hati2.. Bagaimana masak sup yg bening, rasa nya tetep enak dan sedap.. Ayo kita intip cara membuat nya, tp saya tidak detail ke takaran ya, karena ini sup penuh cinta.. Hehehehehehe..

  
Sup ayam 

Bahan :

  1. Ayam hasil rebusan dr kuah soto ayam, lalu di goreng kemudian di suir.. Ayam nya ini mungkin sktr 100gram..
  2. Soun sebagai pelengkap, saya rebus dulu soun nya.. Soun nya sktr 25gram
  3. 2buah jamur shitake
  4. 1/2 wortel, potong2
  5. 1buah kentang, potong2
  6. 2buah tomat kecil, potong2
  7. Daun seledri secukupnya, iris tipis
  8. Daun bawang secukupnya, iris tipis
  9. 1sdm kaldu ayam
  10. 1L air
  11. Garam secukupnya
  12. Lada hitam secukupnya
  13. 1sdm bawang merah goreng
  14. 1siung bawang putih dihaluskan

Cara membuat nya :

  1. Rebus kentang dan wortel selama 15menit
  2. Masukkan jamur shitake, ayam, masukkan bumbu2 lainnya spt bawang putih, bawang merah goreng, lada, garam, kaldu ayam, kemudian cicip dan koreksi rasa..
  3. Bila sudah mau selesai, masukkan soun dan daun bawang, daun seledri serta tomat..
  4. Hidangkan hangat-hangat..

  

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. Alhamdulillah.. Itadakimasu..

Dan ternyata, rahasia sup ayam enak dan lezat itu adalah masaklah dengan penuh cinta, waktu luang yg banyak dan tidak dalam keadaan kedinginan di dapur sehingga masak nya jadi tenang dan konsen sesuai keinginan.. Hihihihihi.. Sebelumnya saya masak dalam keadaan dingin, jadi menggigil gitu..

  
Kofu, Yamanashi, 8 Maret 2016 jam 07.00

Leave a Reply

