#106 Potato Krouket

..Potato Krouket..

  

Saya itu paling seneng dengan potato krouket, klo lewat toko lawson, ya ampun bau nya menggoda banget, bau kentang nya itu lho yang menggoda, harum banget.. Entah lah, saya itu memang pecinta kentang.. Mau dimasak apa aja kentang itu memang enak.. Keripik kentang, kentang goreng, potato kroket, kentang dalam bumbu kari atau kare, potato wedges, kentang dalam sayur sop juga enak.. Bagi saya kentang itu memang okeh.. Kapan2 mau bikin donat kentang.. 

Nah, berhubung sdh dibelikan papa nya handblender, maka akan saya manfaatkan buat bikin potato krouket ini.. Soalnya kita bikin potato krouket yg lembut, gampang ngancurin kentang rebus nya.. Karena lebih enak makan potato krouket yg sangat empuk dan tidak padat.. Ditambah lagi dengan aroma bawang bombay yg mengundang selera.. Cara bikin nya kali ini gampang sekali..

Yuk kita buat, ini adalah eksekusi ke dua.. Jadi saya kasih resep lebih percaya diri.. Hehehehehe..

  
Bahan :

  1. 4buah kentang 
  2. 1/2 bawang bombay
  3. Secukupnya garam
  4. Secukupnya lada

Bahan tambahan :

  1. 1butir telur kocok 
  2. Tepung roti

Cara membuat :

  1. Cuci bersih kentang lalu kukus selama 30menit, tes tusuk dan pastikan kentang sudah lembut, lalu dinginkan dan kupas kulit nya
  2. Hancurkan kentang dengan menggunakan handblender hingga halus..    Yang gak punya handblender, solusi nya yaitu bisa dibancurkan pake bagian bawah nya cangkir, sambil ditekan-tekan (ini cara lama saya, hehehehe..) nanti hasil nya sehalus seperti ini ya..  
  3. Cacah bawang bombay (terserah mau dicacah pakai pisau atau pakai chopper, klo saya pakai chopper jadi cepat memanfaatkan semua barang yg ada)   Atau dirajang pakai pisau juga gak papa.. Saya dulu sebelum punya chopper juga merjang pakai pisau.. Ada cara nya lho merajang bawang bombay pakai pisau biar cepat.. Mudah2n kalian semua sudah pada tau.. Klo sudah dichoper nanti hasil nya seperti ini, jangan sampai kehalusan nya, nanti malah jadi jus bawang bombay.. Sambil menchopper sambil dilihat tingkat kehalusannya.. 
  4. Tumis bawang bombay hingga harum.. 
  5. Lalu masukkan bawang bombay yg sudah dimasak td kedalam kentang yg sudah dihaluskan.. Tambahkan garam dan lada, aduk rata pake sendok aja ngaduk nya..  
  6. Bentuk kentang sesuai selera (mau oval pipih atau bulat pipih), saya membentuk agak asal pake sendok dan garpu..
  7. Kemudian baringkan ke dalam kocokan telur, lalu ke tepung panir.. Goreng dengan  api sedang.. 

Sajikan dan Selamat mencoba..

  
Itadakimasu..

  
Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas rezeki yg telah Engkau berikan hari ini.. Hasil eksekusi 26 Februari 2016 jam 07.00, kofu, yamanashi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s