#098 Sapo Tahu

..Sapo Tahu..

  

Sapo tahu ini sengaja saya buat karena saya kepengen.. Beli semua bahan buat nyoba masakan ini.. Resep nya saya ambil dr blog nya nina agustina, yaitu sapo tahu udang http://catatan-nina.blogspot.jp/2014/02/sapo-tahu-udang.html?m=1.. Karena saya melihat gambar nya menarik, jadi saya pengen nyoba nya.. Tp bagi saya ini agak kebanjiran, dan rasa nya juga masih belum pas untuk saya.. Mungkin karena saya modif2 juga kali ya.. Hanya beda sesikit wortel dan bawang bombay saja.. Klo masalah bumbu, saya samain dengan resep beliau.. Tp sebaiknya jangan banyak2 kuah nya, misalnya dibikin setengah aja, jadi bumbu nya juga ikut disetengahkan juga.. Oh iyah, mungkin karena jumlah keluarga yg beda, mungkin porsi nya kebanyakan bagi saya.. Hehehehehe..

Hasil eksekusi 8Februari 2016 jam 07.00 

  
Bahan :

Tidak saya foto lagi bahan nya..

  1. 100gram udang
  2. 1/2 tahu petak, karena di sini saya gak ketemu tahu yg bulat panjang itu..
  3. Jamur shitake, iris2
  4. Bakso ikan, iris2
  5. 1/2 wortel potong serong
  6. 1/4 bawang bombay potong panjang
  7. Brokoli potong suka2
  8. Daun bawang iris tipis
  9. 1siung bawang putih, geprek dan iris2
  10. 3 1/2 sdm saos tiram
  11. 2sdm kecap asin
  12. 2cm jahe halus
  13. 3/4 sdt garam
  14. 1/2sdt lada bubuk
  15. 1/2sdt gula pasir
  16. 700ml air kaldu
  17. 1sdm minyak wijen

Pengental : 

  1. 1sdm tepung maizena
  2. 2sdm air

Cara membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay, hingga kuning, lalu masukkan bawang putih dan jahe.. Mask hingga harum
  2. Masukkan udang dan wortel masak hingga wortel layu.
  3. Masukkan kecap asin, saos tiram, garam, gula dan lada..
  4. Tambahkan air kaldu, bakso ikan, jamur shitake  dan tofu masak hingga mendidih..
  5. Tambahkan brokoli, aduk sebentar, masukkan pengental lalu aduk2..
  6. Masukkan daun bawang dan minyak wijen.. Aduk rata dan sajikan..

  
Note : bila sayuran yg akan dimasak sedikit, sebaiknya gunakan bumbu dan air yg dipakai setengah nya.. 

Selamat makan dan itadakimasu..

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas rezeki yg engkau berikan hari ini..

Kofu, yamanashi..

    Leave a Reply

    