#097 Roti

..Roti.. 

 Hari ini pas saya lihat you tube, saya lihat resep roti.. Td nya saya mau lihat resep roti manis yang biasa dibuat-buat itu.. Roti yg isi nya coklat, srikaya, kacang atau sosis dan sebagai nya lah.. Eh, pas di search roti, ternyata muncul gambar roti seperti diatas..

Trus saya turutin aja resep nya, saya cuman penasaran, kira2 saya bisa bikin apa tidak soalnya ini bentuk nya kayak nan yang biasa saya makan.. Kemudian saya buat karena resep nya sangat mudah dan bahan nya sangat gampang sekali.. Klo rasa sih biasa saja, dan klo manggang nya tidak terlalu lama bisa dibikin kayak kebab gitu.. Jadi bisa dijadikan kulit yg lembut trus diisi dengan sosis, slada, mayonese, dan saos tomat.. Nah, punya saya ini, saya manggang nya agak kelamaan.. Jadi agak keras, makan nya sama buttet aja juga sudah cukup, atau mau dipoles dengan saos tomat campur saos sambal juga boleh.. Suka2 yg mau makan, atau biasanya dimakan dengan kare juga bisa.. 

Saya tuh juga bingung mau nulisin resep nya, foto nya juga gak ada ya.. Saya sumber nya dr sini http://www.manjulaskitchen.com/roti-chapati-flat-indian-bread/

Silahkan baca dan ikutin aja resep nya..

Tp bisa saya ulang di sini.. Karena ini gambar hasil saya..

  
Bahan : 

  1. 4-6sdm tepung terigu
  2. Sedikit garam
  3. Sedikit air
  4. Sedikit minyak

Nah semua itu takaran ngira2, soalnya kita bikin roti nya sampe kalis aja.. Trus di tes roti nya dengan cara menusuk kan adonan roti pake telunjuk, klo dia balik lagi maka adonan sudah cukup..

Cara membuat nya:

  1. Awalnya saya tuang 4sdm tepung terigu dan garam, lalu saya campur dengan sedikit air, trus berhubung kebanykan airnya jadi saya tambahkan 2 sdm tepung lagi, jadi adonan terlihat seperti mau bikin roti..
  2. Kemudian adonin hingga kalis, sambil sedikit demi sedikit diberi minyak sekitar setengah sendok-setengah sendok sampai roti terlihat lembut.. 
  3. Lalu bagi adonan jadi 4, kemudian diamkan selama 10menit..
  4. Kemudian ambil satu adonan taruh diatas penggilingan yg sdh ditepungi, kemudian giling dengan rolling pin.. Sya gak punya rolling pin, jadi saya penyetkan pake tangan..
  5. Panaskan frying pan, tes dengan memercikkan air ke dalam frying pan, jika berbunyi cing, maka roti siap dimasak ke dalam frying pan..
  6. Panggang dengan api sedang panas.. Jika dibagian bawah sudah kecoklatan maka balik..
  7. Pas dibalik, maka dia akan menggelembung, tekan2 dengan sodet sambil diputar-putar..
  8. Lalu angkat.. Lakukan sampai semua adonan habis..

Sajikan dan selamat makan.. 

 hasil eksekusi 10februari 2016 jam 14.00

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..

Alhamdulillah..

Leave a Reply

