#096 Musim dingin di jepang

Musim dingin di jepang dimulai bulan desember sampai dengan bukan februari.. Biasa disebut fuyu.. Suhu nya dah bisa di bawah nol.. Saya pernah merasakan suhu -7.  Suhu -7 itu pas pagi jam 06.00 Gambar dibawah ini, suhu -3 pas tahun baru di kawaguchiko jam 18.00 dah gelap banget.. Itu pun sdh dingin sekali..  

 Trus dingin nya dingin banget, saya di rumah pake heater mulai akhir nopember 2015.. Kadang heater nya nyala seharian, kadang pake ac yg hangat pas menjelang tidur.. Baju yang dipake 3lapis, celana 2lapis, kadang pake jaket juga.. Klo anak2 tetap pake satu lapis,. Kecuali klo keluar rumah, meraka pake 2 lapis pakaian dan pake jaket lgi.. Saya di rumah dah pake kaos kaki 2lapis dan pake syal juga.. Sampe hari ini, musim dingin belum berakhir.. Nah yang bikin dingin itu bukan cuman suhu, kelembaban juga mempengaruhi.. Kadang suhu 18 derajat, matahari ada, tp kelembaban nya yg bikin dingin.. Kadang suhu 10, matahari ada, cuman tidak begitu dingin.. Alhamdulillh nya itu, dingin tp tetep ada cahaya, dan tidak begitu banyak hujan, sehingga tidak membuat saya berhenti dan malas untuk beraktivitas di rumah..
Kadang klo saya bangun pagi lihat suhu 4 derajat sktr jam 6 pagi, begitu jam 08.00 suhu sdh mulai naik sktr 10 derajat celcius, tp lebih dingin dibandingkan jam 06.00 pagi.. 

Nah pas musim dingin ini, untuk bulan desember dan januari subuh nya mulai jam stgh 5, matahari terbit jam 06.40.. Klo maghrib nya jam 16.30.. Jadi dah mulai gelap pas jam 16.00.. Pas bulan februari, subuh nya jam 05.00 matahari terbit nya jam 07.00 dan maghrib nya dah mulai jam 17.20. Jadi musim gugur dan musim dingin malam nya lebih panjang di bandingkan siang.. Saya masak roti dan martabak di musim dingin, gagal terus,. Karena ragi nya gak bekerja di suhu ruang.. Habis dingin terus.. Kemudian, bumbu masakan yg instan berbentuk cairan, bila ditaruh tanpa di kulkas bisa jadi lebih awet  alias tidak jamuran bila dibandingkan dengan musim panas..

Suhu dingin kayak gini bikin pipi kita merah merona.. Kayak anak saya yg dua ini, klo sdh malam, pipi mereka berdua ini dah merah merona kayak diblush on.. Saya baru tahu juga klo pipi merah disebabkan karena suhu dingin dan cahaya sedikit (hanya lampu atau tanpa lampu)..  

 Klo lihat anak2 di kampus, rata2 orang2 sdh memakai syal, kupluk, sepatu boot, dan jaket gede2..

Di musim dingin ini juga, pohon2 pada kering, pohon sakura nya sdh tidak ada daun nya.. Tp sebagian pohon lain masih ada daun nya juga..  

 Alhamdulillah, pas musim dingin ini perfektur yamanashi kebagian salju walaupun salju turun nya hanya dua kali.. Yang pertama turun nya agak banyak, pas tanggal 18 januari 2016 dan tgl 23januari 2016, cuman ini salju nya kecil.. Ini harapan anak saya banget yg pengen lihat salju.. Anak saya bisa lihat salju adalah salah satu kekuatan doa saya.. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah.. Soalnya kata papa nya, di yamanashi, gak tau bisa turun slju apa tidak, tahun lalu turun, tp salju lembut saja.. 

 
Sebetulnya tgl 3 februari itu ditetp kn sebagai hari pertama musim semi.. Tp masih belum terasa musim semi nya, masih dingin aja nih.. Mudah2n beneran sebentar lagi musim semi, jadi udah anget2 dan sudah bisa menikmati bunga sakura yg mulai berkembang..

Gak sabar ya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s