#095 Edisi makan sushi episode 3

Cerita sushi lagi, kali ini kami makan sushi pas tanggal 31Januari 2016.. Ini papa nya mendadak saja mengajak kami makan sushi.. Tiba2 pas sampe, saya kaget sudah di tempat sushi.. Padahal dr rumah td sudah ngomong cuman mau belanja aja, eh ternyata papa akira punya rencana lain tanpa bilang2.. Saya gak ada persiapan buat foto2 dan video, karena hape saya sudah full dengan gambar dan video, belum saya back up dan kosongi lagi memory nya.. Waduh, trus gak konsen juga pas merekam nya karena tujuan ke sini cuman buat makan, bukan buat video.. Tapi saya tetap tulus untuk menyajikan cerita tentang sushi lagi, soalnya dulu masih ada yang bertanya dan merasa kurang dengan cerita sushi saya sebelum nya yaitu edisi satu san edisi dua, Hihihihii.. Ini saya tambahkan lagi gambar dan sedikit video nya.. Semoga bermanfaat ya ceritanya dan semoga menambah pengetahuan dan cerita juga..

Nah, ini tempat kami makan sushi.. Nama nya sushi roo.. Silahkan baca huruf katakana nya..  

 Setelah pintu masuk, nanti ada pintu lagi, yaitu pintu geser.. Dua meter didepan mata anda akan dihadapkan dengan sebuah monitor untuk entri antrian makan.. Jadi pas masuk ada monitor buat guide dan ticket.. Silshkan dipencet dulu agar kita bisa daftar untuk mengantri tempat duduk.. Sebetulnya di mesin tiket ini ada org yg jaga, buat manggil pelanggannya dan menunjukkan posisi makan di pelanggan.. (Mungkin guide nya sedang mengantar pelanggan ke lokasi makan). 

Di seberang mesin guide dan ticket ini, tepat nya di samping pintu geser, ada wastafel buat cuci tangan, sebelah wastafel ini ada box mainan buat anak.. Tuh si akari jadi beli dokinchan dr box itu harga nya 200yen.. Di samping kanan pintu geser td ada kasir.. Bila sudah selesai daftar, kita bisa menunggu di area ini.. Ada 3 buah sofa panjang merah untuk menunggu.. 

 

Kita menunggu di sini sktr 10menit.. Setelah itu, nomor antrian di sebutkan, trus kita dianter ke lokasi/meja makan bersama guide nya..

  Ini tempat duduk kami.. Biasa nya muatan nya maksimal 4org.. 

Habis itu kita duduk dan menyeduh teh dulu.. Mari kita ambil cangkir yang ada di atas sushi belt dan menyiapkan beberapa property makan lain nya seperti hashi (sumpit), tisue, dan shoyu..  

 
Mari kita seduh teh nya.. Kan ada wadah teh bubuk nya, lalu ambil satu sendok teh, kemudian pencet kran air hangat yang ada di meja.. Nah kali ini warna mangkok meja kita adalah warna putih.. Jadi klo ada pesenan datang dengan mangkok berwarna putih maka monitor nya akan berbunyi atau mengeluarkan suara..

Lalu mari kita memilih menu sushi nya dengan menekan tombol yang ada di layar monitor atau kalo tertarik dengan sushi yang ada di sushi konveyor boleh juga langsung diambil..  Monitor nya ini bisa pake bahasa jepang dan bahasa inggris.. Pilihan menu nya juga banyak.. Yaitu pilihan sushi maki 100yen, nigiri sushi 100yen,sushi 180yen, udon, soup, desert (cake dan es krim).. Marinkita pesan makanan lewat layar sentuh ini..

 Mari makan semua makanan sudah datang , nah gambar dibawah ini namanya nigirisushi, yaitu masi kepal yg diatas nya diberi lauk ikan dan sejenis nya

 
Gambar no 1 itu sushi ikan salmon, gambar no 2 (kanan atas) sushi udang dengan alpukat, kol dan mayonese, gambar no 3 (kiri bawah) sushi udang dengan topping bawang goreng, gambar no 4 sushi tamago..

  
Gambar diatas, termasuk makisushi.. Arti nya sushi dengan nasi yg diberi lauk di tengah nya lalu dibalut nori.. Gambar no 1 itu sushimaki dengn isian ikan maguro (ikan tuna), gambar no 2 (kanan atas) sushi dengan topping nato atau kedele ➡️ yang ini saya salah ambil, cuman karena penasaran aja jadi langsung ambil trus ternyata isi nya nato alias kedele, gambar no 3 (kiri bawah) sushi ikan gak tau ikan apa, gambar no 4 (kanan bawah) sushi telur ikan maguro..

Saya juga pernah bercerita klo pesen makanan lewat monitor nya itu, maka monitor akan berbunyi bila makanan kita sudah mau tiba di meja makan kita dan juga monitor nya akan memberitahu makanan apa yg sebentar lagi akan tiba ke meja kita.. Bisa dilihat di video dibawah ini..

 Ternyata, data makanan yg kita pencet di monitor tersebut akan terkirim ke dapur melalui jaringan.. Trus makanan yang kita pesan akan dibuat, lalu di kirim melalui piring sesuai dengan warna meja tempat kita makan.. Nah di wadah piring itu ada chip yg memberikan sinyal pada monitor meja makan kita.. Maka nya monitor kita bisa berbunyi, karena sinyal makanan nya sudah mendekati meja kita.. 

 Pesenan kami yang lain nya adalah udon tempura, es krim dan kue cheeSe cake.. Tp maaf tidak terfoto.. Keburu dimakan adek akari.. Hehehehehe..

Kali ini, hampir semua sushi saya cicipi termasuk kue dan es krim nya.. Sampe saya kekenyangan, beneran deh.. Kebanyakan saya makan dibandingkan anak2 dan suami.. Yang paling enak itu udang dengan alpukat dan keju itu.. Bsk2 saya mau nyobain yg keju dan mayonese lagi.. Soalnya saya masih penasaran dengan sushi yg lainnya..

Nah pas sudah selesai, kita tekan tombol selesai.. Lalu nanti ada pegawai sushi yang datang menghampiri meja kita dengan membawa sejenis alat hitung dan alat ukur tinggi piring.. Lalu dia akan memberikan struk nya..  

 
Bila semua sudah dihitung, struk sdh diberikan, tinggal bawa struk nya lalu bayar ke kasir.. Nanti piring2 diatas meja makan kita akan dibereain oleh pegawai nya, kemuadian piring2 kotor tersebut akan dimasukkan ke dalam box dapur seperti dibawah ini.. 

 
Piring kotor yang sdh di baskom, akan di taruh di dalam box ini.. Pencet tombol box nya, nanti akan ada semacam konveyor belt juga, yg bergerak membawa biskom yg berisi piring kotor.. 

Disini semua otomatis dan pergerakannya cepat.. Oh iyah, knapa ditempat sushi ini harga nya murah dibandingkan ditempat makan sushi di mall seperti cerita saya di edisi makan sushi episode 2 yg harga nya bervariasi (bisa 100yen s/d 500 per piring)..?? Kata sensei saya, karena di restoran sushi roo seperti ini, mereka membeli ikan nya dalam jumlah besar, ikan yg dibeli bisa dengan berat 200kg.. Nah restoran sushi roo ini menjual ikan nya ke restorant sushi yg di mall2 itu..

Itu saja cerita tentang makan sushi nya, mudah2an cerita nya sdh cukup lengkap.. Tp saya tetap akan datang ke restoran sushi untuk selanjutnya soalnya masih penasaran dengan sushi yg lain.. Mau nambah lagi sekarang tp saya sdh kenyang banget..

Terima kasih sdh membaca blog saya, klo ada sesuatu yg baru akan saya ceritakan lagi.. Klo tidak ada yg “wah”, ya saya akan konsen makan aja.. Hehehehe..

Kofu, yamanashi 9februari 2016 (selesai ditulis)..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s