#092 Aktivitas selama di Jepang 6bln pertama

Sejak tiba di jepang dan sampai saat ini, saya, akira dan akari hanya berada di rumah.. Akira dan akari juga belum sekolah, dan saya pun hanya di rumah saja sebagai ibu rumah tangga yg mengurus rumah dan menjaga anak2.. Syukur alhamdulillah saya memiliki kesempatan seperti ini.. Banyak ibu2 yg menginginkan untuk menjaga dan mengurus anak nya sendiri.. Akira dan akari belum bersekolah lagi karena kita memilih sekolah yg memiliki subsidi dr pemerintah di sini, akan tetapi sekolah yg kita tuju ini belum ada tempat kosong buat anak saya.. Tahun ajaran baru sekolah di jepang adalah bulan april.. Jadi kemungkinan akira dan akari akan sekolah menunggu bulan april.. Jadi selama di sini waktu kami isi dengan berbagai aktivitas sebagai berikut :

1. Masak. Ya iyahlah nama nya juga ibu2, harus masak buat keluarga nya.. Mulai di sini, saya baru belajar masak lagi.. Dulu pas saya sd, saya juga bisa masak lho, masak tumis kangkung, sambal tomat, telur dadar, brengkes tempoyak dan lain.. Nah pas kuliah dan kerja agak berkurang masak memasak nya.. Sejak di sini, saya punya waktu dan kesempatan lagi untuk menjadi koki keluarga tercinta.. Hahahahahaha.. Tiap hari saya masak bisa 3-4 kali.. Jadi setiap jam makan tiba saya baru memasak, jadi makanan yg saya sajikan buat anak dan suami selalu hangat.. Menu yang saya sajikan pun untuk setiap kali makan dalam sehari, saya usahakan berbeda.. Klo papa akira ke kampus dan pulang malam, saya menyiapkan bekal buat beliau.. Di kampus nya ada microwave buat menghangatkan makanan.. Sebelum memasak, kadang saya suka mencari resep dulu di google atau di youtube tergantung ada bahan makanan apa yang ada di kulkas yg bisa dieksekusi dan juga dengan memperhatikan selera makan anak2 serta bumbu yg tersedia di dapur tercinta.. Memasak itu ternyata menyenangkan. Saya itu senang memasak karena penasaran dengan rasa dan cara membuat nya. Senang bila hasil akhir nya sesuai dengan harapan.. Klo sdh sukses, biasa nya saya mencari-cari resep lain.. Saya selalu mencoba resep dengan bahan yg sedikit, nama juga percobaan dan juga dengan mempertimbangkan jumlah org di rumah yg sedikit dan anak yg masih kecil.. Biasanya saya menyediakan masakan untuk sekali makan, jadi saya usahakan tidak ada makanan yg bersisa atau disimpan buat besok2.. Untuk bahan makanan nya yg disimpan dikulkas seperti ikan, ayam, daging, cumi, dan udang biasa nya tidak saya simpan lebih dr 2hari.. Bahan makanan yg saya beli, saya masukkan ke dalam freezer.. Bila ingin dieksekusi, baru bahan2 tersebut saya turunkan dr frezer ke kulkas sehari sebelum nya.. Kemudian, bila sdh tidak beku lagi baru saya eksekusi.. Nah dr sinilah saya tau selera anak, kapan waktu nya mengganti menu, kapan kira2 memberi cemilan buat anak, dan kapan waktu nya makan di luar agar anak2 tidak bosan dengan menu yg tersedia.. Waktu memasak saya klo sarapan mulai jam 07.00. Klo siang mulai jam 12.00 dan klo malam mulai jam 18.00..

2. Mengurus rumah. Sudah menjadi suatu kewjiban bagi seorang ibu buat ngurus rumah nya sendiri.. Aktivitas nya tiap adalah nyuci baju, mandiin anak, menjemur pakaian, nyetrika, nyapu, dan satu lagi yang agak berat yaitu menjadikan rumah rapi kembali.. Klo merapikan dan membereskan mainan, biasanya itu tugas anak2.. Saya hanya memotivasi anak agar selalu rapi setelah bermain, cara nya yaitu dengan bersama-sama merapikan rumah.. Klo papa nya memberi motivasi dengan cara membuat nya perlombaan siapa yg duluan dalam membereskan mainan masing2.. Yang saya bilang agak berat dikit yaitu membereskan sampah2 kecil seperti kertas hasil guntingan yg berhamburan, rambut2, nasi atau makanan yg berhmburan.. Yg kecil2 begitu tuh yg agak merepotkan.. Tp semua bisa dilakukan dengan menyenangkan.. 😅 yah, nama nya juga anak2, memotivasi mereka juga agar kreatif, sampah nya itu adalah sutu proses menuju kreativitas/karya terbaik..

3. Buat mainan. Berhubung banyak sekali waktu kosong dan juga banyak barang2 bekas yg dapat dimanfaatkan maka kami suka berkreasi membuat mainan.. Macam2 sdh mainan yg kami buat, misalnya gedung2, jalanan, es krim, diorama seven eleven, kompor2an, oven dan lain2.. Semua bahan mainan, kami manfaatkan dr tutup botol, kardus, stik es krim, buat mainan dr lego ecek2 yang menambah akira jadi semakin kreatif.. Akira bilang “semua bisa dibuat dengan lego”. Dia senang dan saya pun senang.. 

4. Jalan2 keluar rumah

  1. Ke kampus papa. Biasa nya kami bertiga main ke kmpus papa pas jam 10 pagi setelah sarapan atau pas sore2.. Hanya sekedar duduk saja melihat ikan, atau bermain pasir.. Ini posisi kampus yg berada satu sisi dengan rumh kami, jadi kami gak nyebrang lagi..  Selain itu kami juga suka main di lapangan bola, posisi nya berada di belakang kampus, nyebrang lagi..   
  2. Ke stasiun kofu.. Di sini juga kami hanya mencuci mata dan bisa dikatakan mencari capek lah.. Soalnya lumayan jauh mau main ke sini (bagi saya dan anak2 sih) 15 menit jalan kaki biasa, jalan kaki sama anak2 bisa 20menit pake santai.. Sebelum nyampe ke stasiun biasa nya anak2 minta foto dulu di sini sambil manjat2..  Akari sih biasa nya yg minta difoto.. Di sini tempat jalan kaki dan sepeda.. Bersih ya jalanan nya.. Nah pas nyampe di stasiun kofu, biasa nya kami hanya melihat kereta yang ada di stasiun, tidak masuk ke dalam stasiun nya sih, cuman main di bawah.. Kayak ada tempat duduk2 buat istirahat, ada kran air minum dan kran cuci tangan juga.. Enak sore2 duduk di sini.. Ada tempat nunggu taxi dan tempat nunggu bis juga..  
  3. Ke taman, kami main ke taman dekat rumah.. Lokasi nya berada di seberang kampus papa nya.. Jalan kaki santai sekitar 15menit.. Setiap mau ke sana pasti kami ke toko obat dulu membeli minuman karena anak2 biasa nya haus.. (Toko obat itu bahasa jepang nya kusuri, nama toko nya sanrodo, tp yg dijual barang2 kayak indomaret gitu, seperti kosmetik, lotion, tisue, sikat gigi, roti, permen, cemilan, makanan nasi beserta lauk, tahu, bawang bombay, wortel, mie, minyak goreng, dan lainnya). Walaupun dibawakan air putih, tapi anak2 biasa nya pengen jajan aja.. Taman bermain ini hanya berupa lapangan, ada pasir nya juga, jadi anak2 biasa main cetakan pasir.. Trus ada ayunan nya 2 buah, ada tempat prosotan untuk anak dibawah 3thn dan dibawah 5tahun, serta ada besi untuk menggantung.. Nah di taman ini juga ada toilet dan tempat cuci tangan nya juga.. Toilet nya juga ada tempat tisu gulung nya..  
Leave a Reply

