#090 Tempat Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Dulu ada yang request nanyain, dimana saya belanja2 kebutuhan sehari-hari di jepang.. Sebelum nya saya sudah pernah upload dan cerita tentang supermarket tempat saya belanja di jepang dengan judul #035 belanja di supermarket.. Trus, ternyata cerita tersebut masih dirasa kurang lengkap, karena masih ada yang bertanya tentang jenis ikan dan buah yang dijual di sini.. Baru sekarang saya bisa menceritakan lagi.. Sebetulnya nih foto2 dah tersimpan terlalu lama, cuman nulis nya aja yang gak tau kapan, hehehehe, mencari waktu luang dulu tanpa disibukkan sama anak2..

Selama saya tinggal di kofu, yamanashi, temapat saya membeli buah, sayur dan makanan laut adalah di supermarket, nama nya ogino, kadang belanja di big ieon mall..  

 
Sayuran dan buah yang dijual biasa saja seperti gambar di atas.. Ya kayak kerfur dan giant lah klo di indonesia.. Tp di sini saya gak nemu nama nya giant dan kerfur.. Saya juga pernah belanja buah di tempat khusus jual sayur dan buah, yang jual kayak rumah sendiri gitu, tp biasa nya lebih enak beli di supermarket karena lebih bersih.. Sayuran, buah dan ikan yang dijual biasa nya sudah dibersihkan terlebih dahulu.. Dari gambar itu, gak ada buah berry, kecuali strawberry.. Klo blueberry, saya gak nemu.. Apa mungkin lagi gak musim??, saya gak tau ding.. Hehehehe..

Trus ini gmbar tahu2 yg dijual.. Banyak banget memang jenis tahu jepang.. Hampir semua sudah saya cicipi, ada juga tahu yg sudah ditanbahkan sayuran, kayak martabak tahu, tapi itu gak begitu enak, paling enak tahu biasa (gambar tahu no 1 dan 2, gambar diurut dr kiri atas lalu kebawah, kemudian kanan)

 Klo gambar no 3 dan 4 adalah gambar makanan jadi yang terbuat dr ikan atau hewan laut kayakn sejenis pempek2 gitu.. Cuman biasa nya bahannya ditambahkan negi dan sayuran lain nya.. Sebetulnya saya senang, enak2.. Tapi tetep pempek palembang yang paling enak lah.. Hahahaha.. Biasa nya makan yg terbuat dr hewan laut ini, hanya dijadikan sebagai cemilan atau kadang ditaruh sebagai pelengkap mie ramen dan pelangkap mkan nasi juga (nasi itu bahasa jepang nya gohan).. 

Nah klo gambar no 5, yang harga nya tertulis banget, gede lagi, hahahahaha.. Itu adalah udang dan cumi yg dibekuin.. Ada juga udang dan cumi yng dijual segar, masa expired nya biasa nya hanya sampai 2hari.. Karena saya belanjanya mingguan, saya beli yang segar, lalu saya simpan di frezeer..  

 
Dr gambar diatas, adalah gambar makanan laut yang segar.. Biasanya yang dijual satu bungkus nya harga nya sekitar 200-400yen.. Semua ikan, dan udang nya sudah dibersihkan dan ada juga yg sudah terpotong.. Ada dalam bentuk yg sdh siap dipanggang kayak gambar no 1, itu adalah gambar ikan yg siap dibakar.. Klo gambar no 3 (yg paling bawah) itu gambar udang yg  siap diolah dan dimasak apa saja.. Sebelah nya adalah fillet ikan yang siap dibuat sashimi alias dimakan langsung atau mau diolah menjadi sushi..
  

Klo dr gambar diatas,gambar no 1, ada ikan tara.. Biasa nya ikan tara itu dimasak buat nabe.. Ikan tara dijual fillet, kayak nya ikan2 yang ditangkap di jepang itu adalah ikan besar2.. Gambar no 2 adalah salmon fillet, yang biasa saya masak tinggal dipanggang aja.. Salmon nya juga sudah diberi garam, jadi pas makan nya sudah agak asin.. Gambar no 3 adalah ikan tuna fillet, biasa saya makan langsung, kayak sashimi, tidak saya masak tinggal dipotong-potong doang.. Gambar no 4 adalah ikan fillet siap makan alias sashimi.. Gambar no 5 adalah tako alias gurita yang biasa buat bikin takoyaki..

Trus di supermarket ini jual daging, kebanyakan daging yg dijual adalah daging dalam bentuk slice (yang biasa dibuat gyudon), dagingnya ada daging sapi, daging babi.. Klo daging ayam, jual ya fillet dan potongan, kebanyakan yg dijual sudah tanpa tulang.. Jadi untuk dibuat karaage atau katsu gitu (Fillet dada ayam dan paha ayam).. Ada juga sayap ayam.. Klo hati ayam dan ampela, jual nya terpisah, hati sendiri dan ampela sendiri..  Mencari daging giling sapi yang agak susah, karena kebanyakan daging giling yg dijual disupermarket adalah dging giling campur yaitu babi dan sapi.. Jarang jual daging giling sapi saja..  

 Klo belanja daging atau hewan darat, saya jarang beli disupermarket ini, karena saya tidak tahu kehalalan nya.. Klo mau beli makanan hewan darat, saya biasa nya belanja di mito2 atau saya belanja nya online di baticrom atau okubo.. Semakin lama saya tinggal disini, semakin banyak yg memberi tahu saya tentang kehalalan makanan, sehingga saya menjadi bertambah pengetahuan dan ilmu serta menjadi lebih teliti dalam memilih makanan.. Kalo makanan di sini jarang sekali yg bermerk halal..

Nah klo saya mau belanja daging halal dan bumbu indonesia, saya belanja nya di http://www.okubo.com atau di http://www.baticrom.com. Biasa nya yang saya beli adalah daging halal dan bumbu2.. Klo baticrom itu kayak toko asia gitu menjual bahan makanan asia, bisa indonesia, malaysia, vietnam, thailand.. Nah klo di okubo, menjual bahan makanan indonesia, karena memang toko indonesia.. Lumayan lengkap bahan makanan yg dijual, yaitu bumbu indonesia.. Tapi untuk daging kebanyakan diimpor dari brazil..  

 

Keterangan gambar dr kiri atas kebawah lalu ke kanan atas sampai ke kanan bawah adalah sebagai berikut : 

  1. paha ayam tanpa tulang dengan berat 2kg harga nya 1100yen isi biasa nya 9paha ayam, dijual dalam keadaan beku, import dr brazil
  2. Daging sapi giling beku berat 1kg harga 1300yen..
  3. Daging kambing tanpa tulang berat 1kg harga 1300yen dlam keadaan beku
  4. Ayam potong dengan tulang 1ekor 
  5. Hati ayam dengan berat 450 gram, hanya hati nya doang tanpa jantung nya lho.. Import dr brazil, dalam keadaan beku, produksi bulan juli 2015, dan expired bulan mei 2016.. Harga nya 400yen..

Selain itu saya pernah beli hati sapi 1kg nya 800yen, masih dalam keadaan beku juga.. Ada juga sosis ayam kemasan isi 10 harga 350yen.. Bebek halal 1ekor harga 1600yen, bebek nya juga dalam keadaan beku.. Untuk daging hanya itu yg sudah pernah saya beli di sana, rencana nya saya mau beli daging iga.. Tp kapan2lah karena kulkas yg dipake hanya 1 dan kecil, jadi gak cukup.. Belanja daging nya nyicil aja,. 

Selain itu ada bumbu2 indonesia juga, ada bumbu dasar dan ada bumbu instan, tempe segar juga ada, masakan dah jadi pun ada seperti sambal terasi, tempe orek, dan teri kacang (itu yg pernah saya beli), mie juga ada, tp saya gak pernah beli mie instan indonesia.. Nah gambar di bawah ini adalah belanjaan saya pertama kali di okubo, seneng bisa beli bahan dasar masakan.. Jadi bisa masak makanan indonesia sesuai selera.. Alhamdulillah.. Oh iyah, saya biasa nya belanja sekitar 5000yen hingga 10.000yen sekali belanja di okubo.. Saya pake transfer, bisa juga cod, klo cod kena charge lagi.. Klo transfer tidak kena charge nanun hanya terkena ongkos kirim, ongkos kirimnya  tergantung banyak nya belanja, bila kurang dr 3000, kena charge berbeda, klo 3000-kurang dr 10.000 kena charge 550yen untuk ongkir, klo belanja diatas 10.000yen tidak kena ongkos kirim.. 

 Oh iyah, selain itu juga toko okube ini juga menjual bahan buat kue2 seperti agar2, fermipan, meses, vanili, pewarna pandan dan lain2.. Selain itu juga, okubo juga menjual selain makanan ada balsem dan lainnya.. Hehehehe, cek sendiri ya di website nya..
Nah klo merasa ada yg kurang dengan bumbu2 yang ada di okubo, bisa juga berkunjung ke toko kaldi di ieon mall.. Kaldi itu adalah toko kopi, tp yg dijual bumbu2 asia juga.. Tp gak begitu lengkap2 banget..

Trus tentang makanan jadi, hehehehe sekalian deh saya ceritain.. Biasanya saya makan di restorant bangladesh, yang pernah juga saya ceritakan di blog saya.. Atau biasanya saya makan sushi.. Nah, Klo kepengen masakan padang yang mateng, bisa dicari via fesbuk sederhana padang.. Posisi makanan sederhana padang ini ada di shizouka.. Jadi klo mau, pesen online lewat inbox, nanti ada ongkos kirim nya sebesar 800yen dalam sekali pengiriman tanpa melihat volume untuk pengiriman ke yamanashi.. Selain itu ada dapur putri, nah klo dapur putri ini harga agak miring tapi ongkos kirim nya tergantung dr volume, itu yang bikin agak mahal.. Trus klo mau makan pempek, bisa juga pesen melalui fesbuk nya latha mausandi, posisi nya juga di shizouka, jadi klo mau kirim ke yamanashi juga kena ongkos kirim sebesar 872yen dalam sekali pengiriman..

Nah cuman itu saja yang bisa saya ceritakan tentang tempat belanja nya.. Klo ada yang kurang lagi ttg cerita nya, bisa tanya2 lagi ke saya..

Terima kasih sudah membaca blog saya, semoga bisa membantu..

Leave a Reply

