#086 Bakwan Teri Ala Sehat

..Bakwan Teri Sehat.. 

bakwan teri

 
Akan selalu ada menu masakan dr papa setiap selasa, karena setiap selasa malam koki kita adalah papa.. Kali ini masakan papa adalah bakwan teri.. Hore…. Bakwan teri nya enak sekali menurut saya, karena di dalam nya ada bawang bombay nya.. Sebetulnya ada banyak pilihan untuk memasak pada hari itu.. Ada ayam, ikan salmon dan teri serta ebi kecil.. Tapi karena ayam br diturunkan pagi td dan masih agak keras, jadi not recomended buat di masak malam itu.. Trus ikan salmon juga baru saya turunkn dr freezer pas siang, dan memang rencana buat dimakan pas sarapan.. Nah ebi kecil ini, sengaja saya simpan agak nyumpil alias di dinding kiri kulkas.. Jadi yg terlihat hanya teri, dan saya bilang sama papa, “klo bisa hari ini menu nya teri aja”.. Lanjut deh beliau muter otak buat masak.. Kwkwkwkwk.. Yuk kita langsung aja ke cara pembuatannya 

bakwan teri
 Bakwan teri sehat
Bahan:

1.Teri 80 gr

2.Telur 2 butir

3.Wortel 50 gr

4.Tauge 50 gr

5.Bawang bombay 50 gr

6.Garam secukupnya

7.Lada secukupnya

8.Saos tiram 1 sdt

9.Tepung terigu 1½ sdm

10.Bawang putih tumbuk ½ sdt

11.Jahe tumbuk ½ sdt

12.Minyak goreng.
Cara meracik:

1.Rajang halus wortel sekitar 3 cm.

2.Rajang halus bawang bombai sekitar 3 cm.

3.Masukkan bawang putih dan jahe tumbuk ke dalam teri, tambahkan garam dan lada, saos tiram, lalu campur sambil diremas-remas.

4.Masukkan wortel, bawang bombai, dan tauge, lalu dicampur sambil diremas-remas.

5.Masukkan telur satu persatu-satu lalu dicampur sambil diremas-remas.

6.Setelah telur menyatu, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit lalu dicampur sambil diremas-remas.

7.Diamkan adonan sekitar 10 menit.
Cara memasak:

1.Siapkan minyak goreng ke dalam penggorengan sebanyak adonan terendam seluruh atau setengah lebih. Agar hemat minyak goreng, siapkan penggorengan yang tidak terlalu lebar.

2.Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Periksa apakah minyak goreng siap untuk memasak dengan cara memasukkan sedikit adonan tepung; jika langsung muncul ke permukaan, berarti telah cukup panas.

3.Masukkan adonan teri sehat dengan menggunakan sendok makan untuk satu takaran.

4.Goreng sambil digeser perlahan sampai merata matangnya. Jika perlu dibalik, balik hanya 1-2 kali saja.

5.Hidangkan panas-panas.

 

bakwan teri

Itadakimasu, selamat makan..

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..

Hasil eksekusi 26 Januari 2016 jam 19.00 kofu, yamanashi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s