#080 Datemaki

..Datemaki..

 

datemaki
 

Datemaki atau japanese sweet roll omelette atau telur omelet jepang manis, biasa nya ini ada pas di tahun baru.. Bahan dasar nya adalah telur dan dikasih gula, madu serta sedikit kecap asin.. Nah pas tahun baru kemaren, di supermarket banyak banget datemaki ini.. Saya seneng tuh lihat nya, klo di brosur-brosur dan majalah, kyak melihat cake roll.. Jadi ngiler gitu, karena saya itu pecinta kue yg banyak mengandung telur, apalagi warna nya kuning2 gitu, sangat memikat mata saya untuk mengkonsumsi nya.. (Inget, banyak telur nya nanti kolestrol, hahahahaha..) tp saya buat nya kali ini dalam porsi kecil.. Telur nya hanya 4butir, dan wajan ygbsaya pake besar, jadi hasil nya panjang tp agak tipis alias tidak tebel.. Nah ini berbeda dengan tamagoyaki ya.. Beda nya klo tamagoyaki gak pake ikan, klo ini pake sedikit ikan yg berwarna putih.. Saya pake nya satu slice ikan tara dan kulit nya saya buang.. Ikan dan madu nya terasa banget.. Telur nya sih gak begitu, tapi kata papa “ini bukan lauk ya..”, hihihihi.. Jadi ini cemilan aja, tapi gak semanis cake roll, soalnya rasa ikan nya terasa sekali.. Klo mau nyobain, saya kasih resep nya.. Saya bikin ini juga karena penasaran dengan cara memasak saya sendiri dan penasaran dengan hasil nya.. Pengen nyobain gitu rasa nya gimana.. Daripada beli harga nya 800yen untuk 1 gulungan.. Padahal harga telur 10butir maximal 220yen.. Dan harga ikan isi 3slice, sktr 300yen.. Nyoba2 buat yuk bagi yg minat.. Hehehehehe.. Dan kali ini juga saya itu membuat nya dengan cara dipanggang di teflon karena saya gak punya oven.. Agak unik memang, ini adalah pengalaman pertama saya manggang kue pake teflon dengan eksperimen tambahan alat pake baking paper.. Mungkin suatu saat saya akan coba beneran untuk bikin cake, berhasil atau tidak ya.. Saya penasaran.. Tp saya kasih tau dulu resep yg ini..

datemaki

Ini resep saya lihat di youtube, ini first time bikin.

Bahan :

Maaf ya, bahan nya kali ini tidak saya foto.. Ini bikin nya pas jam stgh 5, mau maghrib, jadi gelep gak ada cahaya.. Hehehehe, alesan.. *plaaaak (kayak kata octa, temen saya)

  1. 1slice ikan tara fillet sktr 100gram..sebetulnya bisa pakai ikan apa saja yg penting warna nya putih.. 
  2. 4butit telur

Seasoning :

  1. 1sdm gula
  2. 1sdt madu
  3. 1/2sdt soy sauce alias kecap asin jepang..

Cara membuat: 

Di sini saya hanya menuliskan cara membuat versi saya, yang menggunakan alat apa ada nya.. Saya memanggang nya bukan menggunakan oven, tp menggunakan teflon dan baking paper.. Hasil ujicoba pertama kali, agak deg2an juga, karena takut terbakar, eh ternyata tidak.. Alhamdulillah..

  1. Buang kulit ikan tara dan tulang nya.. Lalu iris kecil2..
  2. Kocok telur
  3. Masukkan ikan ke dalam blender dan telur serta seasoning..
  4. Blender sampai semua hancur
  5. Saring adonan yg sdh diblender..
  6. Panaskan frying pan atau teflon, lalu kecilkan api, taruh paper baking seukuran teflon..
  7. Taruh adonan diatas nya..
  8. Panggang dengan api kecil selama 22menit.. Lihat cara saya memanggang 
    datemaki
     

Kemudian, jika sudah matang taruh di atas penggulung sushi yang terbuat dr bambu itu  

datemaki
 
Kemudian iris2 dengan kedalam setengah dr ketebalannya dengan jarak 1/2cm sampai ujung.. Lalu gulung, kemudian dikencangkan dengan karet..

datemaki
 
Jika sudah, lapisin dengan kertas wrap agar minyak yg keluar tidak kemana-mana, hanya tertampung di plastik wrap.. Biarkan selama minimal 2jam.. Klo saya ini masak nya selesai jam 18.00 trus besok pagi nya baru saya buka dan potong2.. 

datemaki
 
Ada bentuk nya, tercetak karena gulungan sushi.. Trus potong2 deh..

datemaki
 
Sajikan dan silahkan makan..

 

datemaki
 
Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..

Itadakimasu..

Hasil eksekusi 29Januari 2016 jam 16.30

    Leave a Reply

    