#078 Nuget ayam

..Nugget Ayam.. 

nugget ayam
 
Kmrn sudah belanja daging giling ayam beli nya sekilo.. Sekarang setengah nya mau dibuat nugget, sebelum nya sdh pernah dicoba buat nugget ini, pake resep nya bu fera hermawati bukhari.. Dulu saya dah pernah buat untuk bahan separuh.. Sekarang saya bikin lagi.. Cuman di resep ini saya tambahkan kaldu ayam 2sdm..

Saya bikin nya agak keasinan soalnya ketumpahan dengan garam nya.. Hehehehehe.. Dalam pembuatannya agak unik, nah nanti jangan aneh ya lihat saya masak, soalnya saya gak punya kukusan, jadi saya masak nya pake aluminium foil.. Trus pas memasukkan adonan nya ke dalam aluminium foil, usahakan adonan jangan dipadatkan.. Soalnya nanti jadi nya keras, kata suami saya, “gak enak klo makan nya terlalu padat”.. Jadi kmrn saya ngebungkus nya asal lipat aja setelah adonan dimasukkan ke aluminium foil.. Yuk langsung cus ke pembuatannya..

Bahan :  

bahan
  1. 500gram ayam giling
  2. 2butir telur, lalu kocok
  3. 4sdm tepung panir
  4. 5siung bawang merah
  5. 3siung bawang putih
  6. 1sdt lada
  7. 1 1/2 sdt garam
  8. 1sdm gula pasir
  9. 1sdm kaldu ayam bubuk

Cara membuat :

1. Blender bawang merah dan bawang putih

2. Siapkan ayam ke dalam mangkok, tambahkan gula, garam, lada, kaldu ayam, remas2..

3. Masukkan bumbu halus, lalu remas2 kembali..

4. Masukkan telur, remas2..

5. Masukkan tepung panir..

6. Panaskan kukusan, lalu gunting aluminium foil, kemudian, masukkan beberapa sendok ke dalam aluminium, lalu gulung seperti membuat risoles.. Jangan dipadatkan ya..

7. Masukkan ke dalam kukusan.. Oh iyah, bagi yg punya kukusan, kukus seperti biasa saja.. Taruh adonan di dalam loyang, lalu kukus.. Kukus selama 20 menit.. Jangan lupa tutup kukusan nya dilapisin dengan kain atau serbet.. Dan api nya kecil aja..

 

cara mengukus
 
8. Jika sdh selesai, angkat, dinginkan.. Nanti pas dibuka, akan terlihat seperti ini  

adonan matang
 
Lalu potong2 sesuai selera saja..

Sambung lagi ya, klo mau dimakan kayak nugget, makan perlu bhan lagi kayak gini  

bahan tambahan untuk menggoreng
 Siapkan tepung terigu dalam mangkok tertutup, tepung panir dalam mangkok tertutup dan telur..
Langkah selanjutnya, celupkan adonan nugget yg sdh matang ke dalam tepung terigu, kemudian ke telur, lalu ke tepung panir.. Bila belum sip untuk dimakan, maka nugget bisa di simpan di dalam kulkas atau freezer, bika ingin segera dimakan maka goreng dalam minyak hangat..

Sajikan bersama saos tomat,.

 

nugget ayam
 
Nah berhubung masih sisa banyak, jadi sebagian adonan sudah saya tepungi lalu masuk kulkas buat nanti malam.. Yang ini siap masuk kulkas, tinggal goreng..

nugget ayam siap masuk kulkas
 
Nah sisa nya lagi, siap masuk frezer, sewaktu2 mau dimasak kapan saja.. Rencana nya mau saya potong2 lalu saya balutin telur aja, kayak shrimp roll di hokben gitu.. Tp ini chicken roll, hahahahaha.. Hanya rencana..
nugget ayam siap masuk freezer
 Itadakimasu.. Selamat makan..
 
nugget ayam
 
Ya Allah, terima kasih atas rezeki yg Engkau berikan hari ini..

Hasil eksekusi 28januari 2016 jam 12.00

Leave a Reply

