#074 Ragit

..Ragit..

 

ragit
 

Kemaren sudah bikin kari ayam pake dadar gulung, eh si anak, Akira minta dibikinin lagi kayak kemaren.. Waduh, minta mau cepet lagi.. Jadi mamak nya buru2 masak.. Saya tanya, “emang kenapa, kamu laper??”.. Akira, “bukan, saya seneng dengan makanan kemaren, makan nya cepet.. Kuah nya enak”.. Kwkwkwkwk.. Akhirnya karena saya penasaran dengan ragit alias roti jala, jadi saya buat nya ragit aja.. Saya langsung buka youtube, sambil menunjukkan sama akira, bahwa mama akan masak kayak gini..  

Ragit ini adalah masakan dr palembang, saya makan ragit ini terakhir pas sma, yang jual org deket rumah yg batu aja pindah.. Menurut saya enak sekali.. Nah, pas saya kuliah ke jakarta, gak pernah lagi menemui makanan yg beginian sampe lah sekarang saya bikin sendiri.. Hahahahaha, dah lama juga ya, 10tahun lebih.. Pulang ke palembang pun saya harang menemukan makanan kayak gini.. 

ragit

 Ragit ini bikin nya gampang2 susah, harus sabar, telaten, dan banyak cucian piring juga.. Hehehehehe.. Karena klo gak sabar, bisa gak jadi..  

Makan ragit ini disajikan dengan kuah kari, terserah mau kari ayam atau kari daging, kari telur rebus juga bisa, suka2 yg buat.. Saya kmrn bikin kari biasa sebagai kuah nya..  Cara membuat ragit ini gampang2 susah, kita bisa mencetak nya dengan alat ragit yg dijual-jual di pasaran atau pake ujung nya tutup botol kecap atau bisa juga pake plastik segitiga yg ujung nya digunting sedikit aja..  Berhubung saya gak punya alat seperti ini, jadi saya pake plastik segitiga yg ujung nya saya gunting.. Gunting nya kecil aja, kayak bikin titik, soalnya ini adonanan nya encer sekali, jadi mudah keluar.. 

Nah langsung kita cus aja cara membuat nya ya..

Bahan : 

bahan
  1. 150gram tepung terigu
  2. 180ml air santan
  3. 180ml susu segar
  4. 1butir telur, lalu kocok
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2sdt kunyit bubuk

Cara membuat nya:

  1. Campur tepung dengan garam dan kunyit, aduk rata lalu ayak (saring)
  2. Tambahkan telur,
  3. Tambahkan susu dan santan sedikit demi sedikit, aduk rata hingga tidak ada gumpalan.. 
    adonan
     
  4. Saring adonan lalu masukkan sedikit ke plastik segitiga yg ujung nya sudah digunting.. Pastikan ujung lubang plastik segitiga kita tutup dulu atau kita pegang ke atas untuk menghindari adonan tumpah dr plastik segitiga..
  5. Panaskan wajan, poleskan sedikit minyak, kecilkan api, tuang adonan dalam plastik segitiga ke wajan.. Bentuk seperti sarang laba2..
    bentuk
     
  6. Bila dianggap sdh matang, lipat sisi kanan ke tengah, dan sisi kiri ke tengah, angkat dan letakkan di talenan, lalu lanjutkan dengan menggulung nya.. Bisa juga klo mau menggulung nya di wajan.. Tp  harus cepet karena hangat..
  7. Lakukan sampai adonan habis..

Sajikan ragit bersama kuah kari..  

ragit
 
Selamat makan, itadakimasu..

Terima kasih ya Allah atas rezeki dan ilmu yg telah Engkau berikan hari ini..

Hasil eksekusi 26januari 2016 jam 12.00

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s