#071 Karaage versi papa

..Karaage..

 

ayam karaage
 

Dulu pas awal2 tiba di jepang, masakan itu selalu disediain papa, mulai dr kare, onigiri, karaage, salmon panggang, sabba panggang, gyudon dan lainnya.. Nah, papa sekarang kan lagi sibuk dengan kuliah nya, kadang makan siang cuman bawa bekal, jadi yg masak saya terus.. Masakan papa memang enak, anak2 saya pun bikang begitu.. Masakan papa selalu enak dibandingkan masakan mama.. Hahahahaha.. Mama masak masakan indonesia, sedangkan papa masak masakan jepang, jelas lebih enak.. Dan mungkin, masakan jepang adalah masakan baru bagi anak2, selama di Indonesia, ya makan nya itu2 aja.. Nah, masakan jepang ini mungkin berbeda, jadi ada selingan bagi anak2.. 

Pertama kali papa masak karaage, karaage nya itu enak sekali, garing di luar, lembut dan tidak kering di dalam.. Nah, dulu saya pernah tanya resep nya, tidak saya tidak mencatat nya.. Jadi apa yang saya inget di otak saja yg saya eksekusi.. Awal nya masakan saya enak.. Bsk2 saya lihat resep, saya coba masak dengan resep dr http://www.nhk.or.jp.. Tp ternyata ayam nya agak keras.. Nyoba lagi masak dengan nurutin resep youtube, cooking with dog, trus dikoreksi lgi sama papa, “kebanyakan tepung”, uhm.. Akhir nya saya tanya papa, “resep nya jadi gimana??”.. Papa jawab “lupa”.. Hahahahaha.. Banyak versi memang klo mau masak makanan, tergantung selera masing2 orang, dan kadang2 tergantung bahan yg dimiliki si pemberi resep juga.. 

ayam karaage

Nah, kali ini saya bilang sama papa, “kangen karaage papa yang dulu”.. Akhirnya papa bikin deh, saya tinggal goreng aja.. Goreng nya juga saya tanyain cara nya.. Soalnya saya lihat ada dua versi juga cara menggorengnya.. Sebelum nya saya sudah pernah menulis resep karaage, kali ini saya bikin resep nya lagi versi papa, soalnya klo saya masak karaage, “selalu dapat koreksi dr papa”.. Hehehehe.. Ini eksekusi papa 23januari 2016 jam 18.00

Oh iyah, saya gak nyiapin foto bahan.. Soalnya dingin, jadi masak nya buru2..

Ayam Karaage

Bahan:

•Ayam paha tanpa tulang 300 gr

•Telur 1 butir

•Tepung terigu 1½ sdm

•Tepung sagu 1½ sdt

•Minyak goreng

Bumbu A:

•Garam secukupnya

•Lada secukupnya

•Bawang putih tumbuk 1 siung

•Jahe parut sedikit

Bumbu B:

•Shoyu 1 sdm

•Saos tiram 1 sdt

•Minyak wijen ½ sdt

Cara membuat :

1. Potong ayam kira-kira sebesar 2 sdm.

2. Campur Bumbu A dengan ayam yang sudah dipotong, sambil diremas-remas. Simpan dalam kulkas, biarkan selama kira-kira 10 menit.

3. Campur Bumbu B dengan ayam, sambil diremas-remas. Simpan kembali dalam kulkas selama kira-kira 10 menit.

4. Masukkan telur ke dalam ayam, campur sambil diremas-remas.

5. Setelah kira-kira telurnya menyatu, masukkan tepung terigu dan tepung sagu, campur semua sambil diremas-remas.

6. Tutup adonan dengan plastik wrap (plastik wrap menempel langsung), dan simpan dalam kulkas minimal selama 30 menit.

7. Siapkan minyak goreng dalam wajan, minimal ayam bisa terendam separuhnya. Panaskan dengan api sedang. Minyak goreng siap untuk menggoreng bisa diperiksa dengan memasukkan sedikit adonan; jika langsung muncul di permukaan, berarti sudah siap goreng.

8. Masukkan ayam ke dalam minyak goreng. Jika minyak goreng tidak cukup untuk merendam seluruh bagian ayam, pertama masukkan dengan sisi kulit di bagian bawah terlebih dahulu. Goreng sambil digeser perlahan agar minyak merata ke seluruh bagiah. Jika perlu dibalik, balik setelah bagian bawah sudah cukup matang, dan hanya balik satu kali saja.. 

ayam karaage
 

Itadakimasu.. Selamat makan..

Alhamdulillah Ya Allah, terima kasih atas rezeki yg telah Engkau berikan kepada kami..

Advertisements

2 thoughts on “#071 Karaage versi papa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s