#070 Bihun rebus

..Bihun Rebus..

bihun rebus

Karaage yg dibuat papa nya ludes buat anak2 aja, mama juga cuman kebagian sepotong.. Papa malah gak kebagian sama sekali.. Soalnya papa belum pulang, masih di kampus.. Hahahaha, si akari, dah makan ayam doang selagi menunggu nasi nya yang masih panas.. Dah 2 potong ayam habis sebelum makan sama nasi.. Padahal ayam nya juga masih anget, dipotong2 dan ditiup sama dia.. Akhirnya pas papa pulang, papa bikin ramen sendiri.. Lihat papa makan mie kuah2 pas dingin2 begini, akhirnya saya berinisiatif masak bihun rebus buat sarapan pagi.. Soalnya, si akari juga merecoki alias ikut makan mie buatan papa nya juga.. Dan bihun nya juga masih ada, jadi mau saya habiskan saja.. 

Cari2 resep sana sini, lihat resep masakan diahdidi.. Coba aja deh, resep nya.. Mau ngikutin resep yg dibungkus bihun hanya pake bawang putih aja.. Tapi, itu bumbu terlalu simple, takut gak ada rasa.. Trus lihat juga resep dr royco.. Hahahaha, dah disimpen semua tuh resep nya.. Besok pagi nya tinggal pilih resep mana yg akan dieksekusi.. Lihat bumbu dapur yg mendukung seadanya.. Ternyata yg menang resep diahdidi tp saya modif bahan makanan nya, biasa seadanya di dapur..

Hasil eksekusi 24januari 2016.. Komentar papa si oishii.. Alhamdulillah, jadi saya tulis aja ya.. Namun bahan nya gak saya foto, hehehehe.. Dingin soalnya.. Mau nyuci piring nya itu yg ribet.. Hehehehe.. Oh iyah, bahan nya ini juga bahan seadaanya, tanpa bakso dan ayam, hanya telur orak arik.. Penampakannya kayak mie gireng abang2 pinggir jalan yg malam2 itu ya.. Hehehehehe..

bihun rebus
 
Bahan :

  1. 150gram bihun jagung, saya pake nya bihun jagung karena hanya tersedia bihun jagung di rumah.. Pas beli online, juga adanya bihun itu..
  2. Wortel, sesuai selera saja.. Saya pake nya 1/3, lalu saya potong serong
  3. Kol, sesuai selera saja.. Saya pake nya 1/6 kol.. Sebetulnya untuk sayuran terserah aja sih mau sayur apa, sesuka hati aja, atau tergantung ketersediaan/stok di dapur..
  4. 2butir telur kocok, saya beri garam dan merica.. Garam dan merica nya juga sesuai selera..
  5. Daun bawang, potong serong, banyak nya juga tergantung selera masing2.. Klo saya pake nya 1/3 dr 1 tangkai daun bawang besar..
  6. 1sdt kaldu ayam
  7. 1/2sdt garam atau sesuai selera
  8. 1/2sdt lada atau sesuai selera
  9. 1/2sdt gula atau sesuai selera
  10. 800ml air..

Bumbu halus:

  1. 2siung bawang putih
  2. 2butir kemiri
  3. 1sdm ebi kering..

Tambahan :

Bawang goreng sebagai taburan..

Cara membuat nya:

  1. Rebus bihun sesuai instruksi yg di dalam bungkus.. Dibungkus saya tertulis 2-3menit.. Lalu tiriskan
  2. Tumis bumbu halus, lalu pinggirkan masukkan telur kocok, aduk sampai berbulir..
  3. Masukkan kol, wortel, dan daun bawang.. Tumis sampai layu..
  4. Tambahkan kaldu
  5. Masukkan air, gula, garam dan merica.. Masak hingga mendidih..

Penyajian : 

Masukkan bihun ke dalam mangkok, tuang kuah nya lalu taburkan bawang goreng.. 

bihun rebus
 
Selamat makan, itadakimasu..Terima kasih ya Allah, atas rezeki yg telah engkau berikan hari ini..

      Leave a Reply

      