#068 Ayam goreng mentega

..Ayam Goreng Mentega.. 

ayam goreng mentega

Ayam lagi, ayam lagi masakan saya.. Ya memang itu2 saja bahan makanan yang dibeli.. Saya beli ayam 2kg buat 2 minggu lalu saya pisahkan ke dalam plastik untuk sekali masak dan saya masukkan ke dalam freezer.. Biasa nya saya bagi menjadi 8, sebetul nya isi paha ayam tanpa tulang nya itu ada 9, berhubung beli nya beku dan tidak memungkinkan untuk mencairkan nya dulu lalu masuk freezer lagi (karena daging yg sdh beku lalu dicairkan, kemudian dibekukan lg, itu kurang bagus) jadi saya bagi nya masih dalam keadaan beku, karena saya beli di toko indonesia yg halal.. Pasti akan selalu ada resep ayam yg dibuat berbeda.. Biar gak bosen yg makan.. Nah, ayam goreng mentega ini saya ambil resep nya dr cumi goreng mentega yg ada di fesbuk saya.. Anak2 saya suka, kata nya bau nya saja dah harum sekali, padahal mereka belum lihat.. Trus mereka penasaran, dan pas dimakan memang terasa enak.. Kuah nya pun mereka suka..   

ayam goreng mentega

 Klo adek akari, makan ngebut, pas nasi nya sudah habis, dia makan ayam nya doang.. Nah klo akira, pas nasi nya habis, kuah nya pun dia masih mau.. Hihihi, terharu saya klo lihat anak2 suka masakan saya.. Ini saya buat untuk yg kedua kali nya. Pertama saya buat hr rabu malam. Karena kmrn merasa enak, pas kamis malam dedek akari request lagi.. “Request nya gak bisa mendadak nak, soalnya ayam nya belum diturunkan dr freezer, malam ini ada nya udang yg mama turunkan dr freezer”. Yah, denger kata udang seneng lah itu si akari.. Akhirnya saya bergegas menurunkan ayam dr freezer buat jumat pagi, 22januari 2016 jam 07.00
Sekarang sudah dingin banget, jadi bangun tidur pas lihat suhu nya td pagi 5, klo dilihat dihape suhu nya -2.. Saya mau cuci ayam, ampun deh, air nya dingin bnget, tangan jadi sakit, pedih gitu kena air kayak es.. Jadi kadang2 berenti dulu, tangan nya dihangatkan dulu.. Trus sekarang masak nya pake sarung tangan..  

ayam goreng mentega

 Yuk kita meluncur ke cara buat nya:

Bahan : 

Lagi2 yg saya foto hanya bahan yg besar2 saja, gula, garam, merica tidak ikutan difoto.. Klo disini, airnya juga lupa ikut difoto.. Hehehehe, gak papa ya neng.. Gambar nya cuman buat pemanus aja..

bahan
  1. 250gr daging ayam
  2. 1/2siung bawang bombay
  3. 3siung bawang putih
  4. 1/4sdt jahe parut
  5. 2sdm butter
  6. 2sdt saos tiram
  7. 2sdt kecap asin
  8. 1sdm kecap manis
  9. 1/4sdt Garam
  10. 1/2sdt Lada
  11. 1/2sdt Gula
  12. 50ml air

Cara membuat :

1. Potong2 daging ayam, lalu goreng hingga 3/4 matang. Angkat dan sisihkan..

potongan ayam

 2. Potong2 bawang bombay  

potongan bawang bombay

 3. Geprek bawang putih, lalu iris2..

4. Panaskan butter, Tumis bawang bombay hingga layu lalu masukkan bawang putih tumis hingga bawang putih coklat..

5. Masukkan jahe, aduk2..

6. Masukkan gula, kecap asin, saos tiram dan lada, aduk rata..

7. Masukkan air, garam dan kecap manis. Lalu aduk rata..

8. Masukkan ayam yg sdh digoreng td.. Aduk2, Masak hingga ayam matang.. Sajikan,.  

ayam goreng mentega

 Itadakimasu..

    Leave a Reply

    