#066 Ebi brokoli jamur

..Ebi Brokoli Jamur..

 

ebi brokoli jamur
 
Hahaha, jadi saingan resep nih sama papa akira.. Setelah beliau bikin ebi brokoli tamago, saya bikin ebi brokoli jamur.. Hasil eksekusi 21 januari 2016 jam 18.00, ini masak nya agak cepet, soalnya anaknnya gak tidur dan dah laper, tp bahan masakannya belum siap, udangnya belum dibersihkan, jadi td buat godo2 dulu sebagai pengganjal perut.. Masak udang nya jadi nyambi.. 

Nah klo dalam satu minggu itu saya bisa 2-3 kali masak dengan bahan udang.. Sebetulnya saya sdh nyoba resep ini tp pake cumi, cuman berhubung laper dan agak buru2 menyajikannya, jadi gak sempet foto2.. Trus saya ganti cumi nya dengan udang karena brokoli dan jamur nya masih ada.. Sekarang brokoli dan jamur nya dah habis buat masak ini.. Masak nya gmpang, hasil modifikasi dr capcay, soalnya papa nya request capcay.. Cuman saya gak ketemu yg nama nya jamur kuping, dan saya gak beli bunga kol karena harga nya lebih mahal dibanding brokoli.. Jadi saya beli brokoli aja.. 

Setelah kemaren dimasak cumi trus dibilang enak, sekarang saya tanya sama papa nya pas selesai makan, “enak kan mana dengan masakan udang??”, jawab papa nya, “lebih enak yg ini..” Padahal sama, cuman beda cumi dan udang saja.. Ini udang nya ludes sama akira dan akari doang, mama dan papa kebagian sayuran nya saja.. 

Kebanyakan cerita nih, langsung kita meluncur ke resep nya..

ebi brokoli jamur
 Bahan :
Lagi2 di gambar ini hanya bahan utama dan yg besar2 aja yg saya foto.. Air, gula, garam, lada dan saos tiram tidak saya foto.. Trus pengental yaitu tepung kanji dan air.. 
bahan ebi brokoli jamur
 

  1. 300gram udang, kupas dan bersihkan punggung nya serta dada nya juga..
  2. Brokoli, potong2
  3. Jamur
  4. 1/4 wortel, iris serong
  5. 1/3batang daun bawang, iris serong
  6. 1/4 siung bawang bombay, iris2
  7. 1 siung bawang putih, geprek lalu iris2
  8. 2sdm saos tiram
  9. 80ml air
  10. Garam secukupnya
  11. Lada secukupnya

Pengental :

1sdt tepung kanji dengan 2sdm air, larutkan..

Cara membuat :

  1. Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan bawang putih masak hingga bawang pitih coklat..
  2. Masukkan wortel aduk2.
  3. Masukkan udang, masak hingga udang terlihat matang..
  4. Masukkan air, saos tiram, garam dan lada, aduk2..
  5. Masukkan jamur dan brokoli lalu tutup sktr 1menit..
  6. Kemudian masukkan daun bawang aduk sebentar, lalu tambahkan pengental di pinggiran wajan..

Sudah selesai, mari kita taruh di mamgkuk dan kita siapkan nasi.. Sebelumnya di foto dulu.. 

ebi brokoli jamur
 
Lalu ucapkan “itadakimasu” dan doa makan.. Hihihihi.. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s