#065 Ebi Brokoli Tamago

..Ebi brocoli tamago.. 

ebi tamago brokoli
 
Ini sebetulnya masakan papa akira lho yg dieksekusi tgl 19 januari 2016 jam 19.00.. Uhm, dari penampilannya menarik ya.. Oishii so desu ne.. 😋 Emang papa akira ini jago klo masak memasak.. Saya paling seneng klo masakan saya dibilang enak sama papa akira.. Karena saya juga banyak belajar dr beliau.. Tapi papa selalu komentar kok, kalo masakan A, terlalu banyak ini, masakan B, kurang garam dan lain2.. Ya gak papa demi kebaikan saya juga.. Hehehehe.. Lebih mahir papa akira yg masak dibandingkan saya.. Hihihihi.. Apalagi klo masak mie, bumbu nya papa akira pasti lebih sedap dibandingkan bumbu buatan saya, walaupun saya sudah nyontek beberapa resep di google dan you tube.. Tapi klo ditanya apa bumbu mie nya, jawab nya simple sekali “campur2!!”, trus saya balas, “mau dong resep nya..”, trus papanya jawab seperti ini “Ya semua nya sedikit2, kaldu, saos tiram, kecap, garam ….” Saya lupa kelanjutannya apalagi.. Karena takarannya gak jelas, jadi gak saya ingat.. Klo mau masak mie, minta masakin papa aja, papa handal dalam mie2an.. Hehehehehe..

Oh iyah, balik lagi ke topik. Kenapa bisa papa akira yg masak pada saat itu?? Karena pada hari selasa malam saya mengikuti kursus bahasa jepang di kampus papa nya dr jam 18.10 s/d jam 19.40.. Kursus nya gratis, karena saya adalah istri mahasiswa.. Hahahaha.. Lumayan lah buat belajar dikit2, sambil ketemu org lain..

Karena saya gak sempet masak buat malam itu, jadi saya hanya menyiapkan bahan mentah nya saja yaitu udang.. Sore2 udang nya sdh saya bersihkan dan sudah saya kupas kulit dan sudah saya bersihkan juga punggung nya.. Jadi papa nya tinggal ngebumbui dan masak saja..

Sebetulnya klo dikatakan saya bisa menyiapkan masakan nya pas sore sebelum berangkat, memang bisa, tp saya kurang begitu suka klo menyediakan masakan yg tidak hangat.. Mau nya habis dimasak langsung dimakan.. Gak mau ada rentang waktu yg terlalu lama antara masak dan makan.. Jadi pas saya berangkat ke kampus, saya serahkan anak2 dan makanan ke beliau..

Pas saya bilang, “papa nanti masak udang ya..”, trus papa nya bingung dan menjawab “mau dimasak apa ya??” Saya jawab, “terserah saja”, dalam hati saya, “pasti papa mau masak ebi mayo lagi yg paling gampang”, oh iyah, ebi mayo itu juga resep dan bikinan papa akira juga, termasuk kare dan karaage.. Saya belajar dan nanya dulu sama papa akira cara masak nya.. 

Pas pulang dari kursus saya lihat wah, ternyata masak dengan masakan yg lain lagi.. Masakan nya harum dan terlihat menarik..  

 Aseli nya enak, apa karena saya doyan makan ya.. Apa karena lauk nya udang?? Hahahaha.. Ya sdh, kita lanjut saja ke resep nya.. Ini papa nya saya todong untuk memberitahu resep nya..

Ini saya fotoin bahan utama yg gede2 aja ya.. Yg bahan kecil nya gak ikut saya fotoin, repot dan banyakin piring kotor.. Kwkwkwkw.. 

bahan utama
 
Bahan A: Ebi 300 gr dan Garam

Bahan B: Brocoli

Bahan C: Telur 2 kocok dan Garam

Bahan D: Air panas 150 ml, Kaldu/royco 1 sdt, Gula 1 sdm, Saos tomat 4-5 sdm, Tepung sagu 1 sdm

Bahan E: Bawang bombai 1/4 (besar) dirajang, Bawang putih 1 siung dirajang, Jahe sedikit dirajang

Bahan Lainnya: Minyak goreng 1 sdm, Minyak wijen 1 sdt

Cara membuat :

1. Taburi ebi (bahan A) dengan garam dan campur.

2. Rebus brocoli (bahan B) 1 menit. Tiriskan.

2. Buat scramble egg dgn bahan C. Matang tapi masih lembut.

3. Siapkan bahan D.

4. Tumis bahan E dengan minyak goreng api sedang, dengan bawang bombai terlebih dahulu.

5. Masukkan bahan A dan tumis sampai ebi sedikit matang.

6. Masukkan bahan D dan aduk perlahan.

7. Masukkan bahan C, tunggu sampai agak mengental, kecilkan api.

8. Masukkan bahan B.

9. Terakhir, masukkan minyak wijen.

Nah begitu aja cara masak nya..

Sekarang mari kita makan, itadakimasu.. 

 

Advertisements

3 thoughts on “#065 Ebi Brokoli Tamago

  1. Mitna, fotonnya keren ih, :). Yang dimaksud ebi di sana apa ya? karena di tempatku, kalau yang namanya ebi itu udang kering, jadi udang yang udah dikeringin gitu Mit, ebi di sini termasuk komoditi khas juga, karena ebinya udang ukuran sedang, bukan yang halus2 seperti yang biasa dibikin rempeyek.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s