#064 Soto mie bogor

..Soto Mie Bogor.. 

soto mie bogor

Saya tuh masih punya daging di freezer, awalnya mau dimasak sate daging bumbu ketumbar.. Tapi setelah dipikir-pikir di musim dingin ini enaknya makan yg berkuah.. Apalagi difukung dengan mie soba dan bihun yg baru dibeli oleh papa.. Ya sdh, akhirnya dibikin soto mie bogor aja.. Malem2, baca2 dan cari2 resep.. Saya cari resep yg seadanya bumbu di dapur.. Soto mie bogor ini sebetulnya bau nya harum, tp pas saya makan rasa nya agak kurang mantep, wajar sih, karena kuah nya gak saya pakaikan cabe soalnya ada anak2.. Bumbu nya ini pake kemiri, daun jeruk, jeruk nipis, dan sereh, tak lupa bawang merah dan bawang putih juga.. Bikin nya sih cukup nyita waktu, hehehe.. Saya bikinnya hampir 3jam.. Dari jam 07.00 sampe jam 09.30.. Lumayan ya, karena yg dibuat banyak, mulai dr bihun goreng, risoles, seduh mie, iris2 bahan pelengkap dan membuat kuah.. 

pelengkap soto mie bogor
 
Langsung aja ya saya meluncur dalam hal pembuatan 

Bihun goreng 

bihun goreng

 Bahan :

  1. 50gram bihun jagung, rebus lalu tiriskan.. Untuk tumisan ini, hanya dipakai stgh bihun.. Setengah nya lagi akan digunakan sebagai pelengkap di soto mie..
  2. 1cm wortel, iris dadu kecil
  3. 3cm daun bawang, iris tipis
  4. 1/8 bawang bombay, dirajang
  5. Sejumput garam
  6. 1/2sdt kaldu ayam
  7. 1siung bawang merah
  8. 1siung bawang putih
  9. 1/8sdt lada
  10. 25 ml air

Cara membuat :

  1. Bawang merah, bawang putih dan lada dihaluskan
  2. Tumis bawang bombay dan bumbu halus sampai harum
  3. Masukkan wortel dan daun bawang aduk rata
  4. Tambahkan garam dan kaldu serta air lalu aduk rata
  5. Masukkan stgh bihun yg sdh ditiriskan, aduk rata.. 

Berikut nya adalah membuat risoles nya..

risoles

 Selama ini saya membuat kulit risoles yg lembut, pas digoreng agak berminyak.. Tapi kali ini saya mencari resep yg kulit nya bisa keras dan garing, pokoknya risoles nya abang2 pinggir jalan yg keras itu.. Ternyata tips nya ada diputih telur.. Yuk Langsung meluncur ke cara pembuatannya 

Bahan kulit :

 

  1. 1putih telur
  2. 250ml air
  3. 125gram tepung terigu
  4. 1/4 sdt garam

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan jadi satu lalu saring agar tidak ada gumpalan
  2. Ambil satu sendok sayur, dadar tipis di wajan..
  3. Lalukan sampai adonan habis..

Jika kulit selesai dibuat, selanjutnya isikan bihun goreng ke dalam kulit, lalu gulung..  Terserah mau berapa banyak ngisi bihun nya.. Punya saya kmrn ada 2 kulit yg tidak saya pakaikan isi, jadi risoles kosongan gitu.. Ada kan soto mie yg gak pake isi, cuman kulit nya digulung aja..

risoles

 Kemudian goreng hingga kecoklatan.. 

risoles

 ini serius deh risolesnya sedep banget.. Baunya harum, anak2 dan suami suka, alhamdulillah.. Mari kita lanjut lagi masak nya.. Berikut nya masak kuah soto mie

Kuah soto mie nya ini nih yg bagi saya dan suami kurang menunjang.. Bau nya harum tp rasa nya gak ada.. sumimasen..

Bahan :

  1. 250gram daging
  2. 1500ml air
  3. 2sdm minyak untuk menumis
  4. 3lbr daun jeruk
  5. 2lbr daun salam 
  6. 2lbr sereh
  7. 6siung bawang merah
  8. 5siung bawang putih
  9. 2butir kemiri
  10. 1sdt garam
  11. 1/2sdt lada halus

Cara membuat :

  1. Rebus daging dengan air sampai daging empuk atau hingga air bersisa 1L.. Lalu angkat daging dan tiriskan..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada dan garam..
  3. Tumis bumbu yg dihaluskan beserta sereh, daun jeruk, dan daun salam sampai harum.. 
  4. Masukkan hasil tumisan ke dalam rebusan daging..
  5. Koreksi rasa..

Nah dah selesai nih, sekarang kita nyiapin pelengkap nya..  

mie yakisoba dan bihun rebus
 Td masih ada setengah bihun rebus yg ditiriskan, tambahnya yaitu 1bungkus mie yakisoba yg di seduh dengan air hangat.. Nah untuk pelengkap yg lain ada  

pelengkap
  1. Kol iris tipis
  2. Tomat, potong2
  3. Kentang goreng
  4. Daging yg td ditiriskan dan kita potong2 dadu..
  5. Bawang goreng
  6. Daun bawang iris tipis
  7. Kecap, bila perlu
  8. Sambal..
  9. Risolesnya jangan lupa, nama nya juga soto mie bogor..

pelengkap
  Semua bahan sudah siap diatas meja..

soto mie bogor
 
Lanjut lagi ke meracik soto mie nya.. Susun mie yakisoba, bihun, daging, risoles dipotong, kol, kentang goreng, tomat, lalu tuang kuah, taburkan bawang goreng dan daun bawang, tambahkan kecap dan sambal bila diperlukan.
Selamat makan..

 

soto mie bogor
 
Panjang ya perjalanan bikin soto mie.. Hahaha cucian piring jadi banyak.. Ini adalah hasil eksekusi sabtu pagi, 16januari 2016 jam 07.00

      Advertisements

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s