#031 Makan di restorant Bangladesh

foto di depan restorant bangladesh

Pas ngobrol2 di restorant sushi bersama temen2 indonesia dan orang pakistan (nama nya azra).. Azra selalu berbicara mengenai makanan halal.. Kami pun memilih tempat makan sushi, karena memandang hanya jenis ikan yg bisa kami makan.. Membuka obrolan tersebut, azra bercerita klo beliau pernah makan di restorant bangladesh diajak oleh sensei nya.. Beliau dilayani dengan sangat memuaskan.. Makanan nya pun sesuai dengan selera beliau karena bangladesh dan pakistan tidak berbeda jauh makanan nya.. Nah, pada saat itu, akhir nya azra menawarkan kepada kami bila ingin mencoba masakan bangladesh, dan itu restorant halal.. Di sana juga tersedia nan dan kare (wah, itu kesukaan saya banget.. Saya terbayang-bayang nan yg selama ini saya lihat, tp nan org jepang, kare nya tidak bisa dimakan).. Dan saya belum pernah makan nan.. Jadi saya penasaran sekali..Bsk nya ada, saya terima sms dr temen saya indonesia, klo azra jadi mau ajak kita ke rumah makan bangladesh itu tgl 31 desember 2015.. Rencana semula azra mengajak kita tgl 1januari 2016, tp setelah dihubungi pihak restorant nya, ternyata tgl 1 januari mereka tutup.. Jadi kita makan di sana tgl 31 desember 2015.. Saya sebetulnya penasaran nama tempat nya, tp temen saya juga gak tau, hanya azra yg tau, tp azra gak ngasih tau nama tempat nya..

Pas hari h, kita janjian di depan lawson kampus jam 12.00,. Saya dan 2org indonesia (riry dan puteri) sudah siap dan kami pun langsung lnjut jlan kaki ke stasiun kofu.. Azra sdh menunggu kami di stasiun kofu.. Tiba2 pas ditengah jalan menuju stasiun, azra nelp kami, “bisa tidak klo kita sampai di stasiun kofu jam 12.16”, karena optimis melihat jam 12.07 langsung saya jawab “bisa”. Eh, ternyata, pas lari2, saya pun ngos2an.. Ternyata saya gak sanggup lari kencang.. Dua temen saya, sdh biasa jalan cepat dan berlari.. Aduh2 seperti nya tidak bisa mengejar waktu kereta jam 12.16.. Akhir nya azra ditelp lagi, bahwa kami tidak bisa sampai dalam waktu itu.. Azra ternyata sdh membelikan tiket, beliau membeli tiket di counter, bukan di mesin tiket spt biasa.. Klo jalan biasa (jalan biasa org jepang yg ngebut itu, estimasi waktu tempuh ke stasiun dr kampus adalah 15menit, klo saya sama anak2 mah bisa 30menit)..

Pas tiba dan ketemu azra di stasiun kofu, kami menanyakan bagaimana tiket yg sdh dibeli, apakah hangus.. Oh ternyata tidak, bisa dituker dengan jadwal berikut nya.. Jadwal kereta berikut nya adalah jam 12.40 menuju stasiun ishawaonsen.. Klo kita beli tiket dr mesin, tiket nya bisa kita pakai kapan saja selama belum masuk gate in.. Harga tiket ke stasiun ishawaonsen adalah 200yen per orang, perjalanan ditempuh selama 5menit karena hanya melalui 2 stasiun..

Nyampe di stasiun ishawaonsen ternyata kami dijemput sama pemilik restorant, saya kaget sekali.. Betapa terkesan nya saya.. Kami dijemput dengan mobil sedan, tempat nya tidak begitu jauh dr stasiun, wktu tempuh dengan mobil hanya 5menit.. Di dalam mobil, azra ngobrol dengan org bangladesh itu dengn bahasa mereka..

Setiba di sana, saya lihat restorant nya buka dr jam 11.00 s/d jam 15.. Makanan yg disajikan berupa buffet, jadi setiap org bisa memilih dan mengambil menu apa saja, dan bisa ngambil berulang-ulang, harga buffet nya pun untuk seorang adalah 880yen, itu sudah termasuk pajak.. Nah, ini dia buffet nya

macam-macam kare bangladesh

Itu adalah jenis kari bangladesh yg disediakan.. Ada bermacam-macam kare.. Ada kare sayuran (vegetable curry) isi nya buncis, wortel, kentang, Ada kare ayam (chicken curry), ada kare ayam giling (keema curry), dan ada kare telur (tamaho curry).. Nah, saya hanya mencicipi kare ayam dan keema curry..

Yuk, kita ambil dulu makanan nya sesuka kita..

ngantri ngambil menu

Menu lain yg tersedia di sini adalah potato kroket, salad, yogurt, ayam goreng (ayam gorengnya enak sekali), kentang goreng (yg ini juga renyah sampe malam karena saya juga beli buat bawa pulang, oleh2 buat anak2 dan papa)..

sesi pengambilan makan pertama

Pertama yg saya makan adalah salad dan gorengan dulu..

Sesi kedua, saya makan nan dan kare ayam nya.. Ini pertama kali saya makan nan, sngat penasaran sekali saya.. Tp menurut saya nan itu biasa saja, tak ada rasa nya.. Tp di buffet ini memang disediakan nan yg plain.. Sebetul nya ada nan garlic dan gomu nan

nan dan chicken curry

Dan ini menu makanan nya

makanan bangladesh

Gambar kiri atas itu adalah nasi gurih nya bangladesh.. Dari penampilannya terlihat seperti nasi kuning.. Klo saya cicipi rasanya kayak nasi dengan warna kuning, tp rasa nya agak hambar, tidak begitu gurih..

Gambar kanan atas adalah fried chicken, fried potatoes, dan potato krouket.. Semua nya enak.. Saya penasaran nih dengan bumbu ayam goreng yg merah itu.. Enak sekali menurut saya..

Gambar kiri bawah adalah yogurt nya orang bangladesh.. Kayak sop buah..

Gambar kanan bawah adalah keema kare.. Rasa kare antara keema kare dan chicken kare berbeda, menurut saya chicken kare lebih terasa dibandingkan keema kare..

Kami makan dan ngobrol di restorant ini sampai jam 14.00 trus saya membawa oleh2 buat papa dan anak2, saya bawakan chicken kare, fried chicken dan fried potatoes..

Nah hitungan yg saya bawa sama kayak saya makan buffet di sana.. Oh iyah, pas mau pulang, kami dioleh-olehi nan sama pemilik restorant.. Alhamdulillah.. Dan kami bayar nya tidak pakai pajak.. Alhamdulillah lagi.. Pas mau pulang awalnya kami mau diantar oleh pemilik restorant lagi sampai stasiun ishawaonsen.. Berhubung ada pembeli yg baru datang, jadi kita gak jadi diantar karena yg menjaga restorant ini hanya bapak dan ibu nya saja (hanya 2 orang-suami istri).

Akhirnya kami jalan kaki dr tempt restorant ke stasiun ishawaonsen.. Dengan bantuan google map kami melangkah menuju stasiun, jalannya berbelok-belok.. Wktu tempuh sekitar 20 menit, jalan santai..

Oh iyah, restorant ini buka tiap hari termasuk weekend.. Tp buffet hnya untuk siang jam 11.00 s/d jam 15.00.. Buka kembali jam 15.00 s/d jam 11.00 tp tdk buffet alias pesan biasa dengan melihat menu di buku.. Harga nya lumayan mahal lho klo pesen melalui buku.. Saya makan disini termasuk murah, karena selama ini yg saya lihat satu nan aja harga nya 350-500yen, belum lagi kare nya yg harga nya kisaran 350yen-600yen..

Nah itulah sepenggalaan cerita saya makan di rumah makan halal milik orang bangladesh.. Akhirnya saya gak penasaran lagi dengn yg nama nya nan.. Hehehehehe.. Alhamdulillah sdh bisa menikmati menu disini.. Kapan2 ajak anak dan suami makan disini lgi..