#008 My home sweet home di jepang

Selamat pagi semua teman-teman.. Ini adalah cerita pertama saya di blog.. Kali ini saya berbgi cerita saya tentang tempat tinggal kami di jepang, tepat nya kami tinggal di kota kofu, perfektur yamanashi.. Nah, rumah kami tidak jauh dr tempat kuliah papa ny akira akari.. Tinggal nyebrang aja dr kampus, trus masuk gang yah kurang lebih 5 menit..
Sebelumnya saya dan anak2 berangkat ke jepang, papa akira akari sdh mempersiapkan rumah buat tempat tinggal kami berempat.. Papa akira sdh mempersiapkan nya pas bulan mei.. Sebelumnya beliau tinggal di apato sendiri.. Berhubung kami mau datang bulan juli, jadi si papa sdh siap2 sejak bulan mei membeli dan mencari barang2 kebutuhan buat kami semua.. Misalnya mobil buat kami jalan2, baju anak2 termasuk baju dingin anak2, mainan anak2, meja buat makan, kasir buat tidur, selimut atau futton, piring makan, kulkas, cangkir, dan lemari.. Semua dilengkapi sama papa.. 

Kebanyakan barang yg kami miliki itu berasal dr bantuan temen2 papa di kampus, temen2 lama papa nya, dan ada beli juga sih..

Nah inilah penampilan depan rumah kami.

Rumah nya dua tingkat, ada kotak pos nya di depan rumah, menghadap ke selatan. 

 Rumah yang kami tempati ini biasa saja, merupakan rumah lama jepang. Klo rumah modern jepang bagus-bagus dan luas2.. Seperti gambar dibawah ini 

  Rata2 rumah orang jepang itu 2 tingkat, trus luas, trus banyak pohon bonsai nya, trus pasti ada tamannya, dan juga ada kotak surat berikut nama pemilik rumah nya tertera di depan rumah nya.

Nah ini sebelah timur dilihat dari depan rumah kami, tampak jalanan keluar menuju kampus. Deket kan ya.. 

 Dan ini sebelah barat, gak ada jalan lagi karena rumah kami ada di ujung jalan. Tampak di gambar ini ada kuburannya.. Hehehehe 

 Yuk, kita masuk ke dalam rumah kami. Kita mengenal rumah jepang seperti yang ada di film doraemon. Memasuki pintu rumah kita akan menemui genkan.

Genkan..  
Genkan adalah salah satu ciri khas rumah jepang dan meruapakn tempat di mana orang melepas sepatu mereka. Ketika mereka melepaskan sepatu mereka, orang-orang melangkah naik ke lantai yang lebih tinggi 40-50 cm (15-19 inci) dari genkan. Disamping genkan terdapat sebuah rak atau lemari disebut Getabako di mana orang dapat menyimpan sepatu mereka. Sandal untuk dipakai di rumah juga tersimpan di sana. 

 Ini adalah tangga naik ke atas.. Posisi pas ada di depan pintu masuk setelah genkan..  

 Coba deh nonton film doraemon, persis begini ya.. Pas pintu masuk ada tangga naik, trus sebelah kiri nya ada ruang nonton tv dan kamar mandi.. Klo di tempat saya, sebelah kiri nya ada ruang kerja papa dan ruangan berikut nya adalah dapur.

Ini adalah lorong depan rumah..  

 Gunanya sebagai tempat duduk2 melihat pemandangan luar.. Klo musim dingin, kami suka berdiri mencari kehangatan matahari.

Ini adalah lemari buat nyimpen bantal dan kasur.. Nah yg dibawah buat nyimpen barang.. Klo di film doraemon, doraemon nya tidur di tempat kasur, dibawahnya dipake buat nyimpen mainan.. 

 

Klo tidur nya ya ngelantai.. Kayak nobita gitu.. Nah, berhubung ini moto nya di musim dingin, jadi dipakein sarung kasur tebal dan selimut.. Oh iyah, klo selimut disini nama nya futton.. Dan di jepang gak ada guling.. Ada nya bantal aja.. Jadi anak saya akari klo mau peluk, ya peluk mama nya..

 Trus ini pintu pembatas nya.. Pintu nya geser2 dan terbuat dari kertas.. Kadi klo mau kelihatan luas, ya pintu nya bisa dibuka.. Klo mau kelihatan sempit atau mau sedikit privasi, maka ditutup.. Nah sekarang lagi musim dingin, jadi karena pake heater, agar panas nya maksimum maka pintu nya ditutup, jadi ruangan agak sempit dan suhu di dalam ruangan jadi hangat.. 

 
Trus ini adalah rung keluarga kami.. Kami makan dan berkumpul di sini.. Meja nya dipakaikan futton.. Dan meja nya juga memiliki kotatsu.. Kotatsu adalah penghangat kaki yg ada dibawah meja..  

 Jadi klo musim dingin, pas sarapan pagi, kaki dimasukkan ke bawah meja, dan kita nyalain kotatsu nya agar kaki selalu hangat.. Klo di jepang mulai dingin nya bulan november dan puncak dingin nya pertengahan januari dan setelah nya.. Suhu nya sudah mau mepet2 0, klo pagi jam 06.30 itu dah 5 derajat (15januari 2016), jam segitu masih kebagian subuh lho.. Matahari terbit nya jam 06.55.. Wuih, klo mau ambil air wudhu harus pake air hangat..

Trus ini dapur kami, ini adalah ruangan favorite saya..  

 Hahahaha, teman masak, kompor dan piring..  

 
Piring2 yg setia menemani foto2 masakan saya.. Piring dan cangkir serta peralatan dapur nya gak begitu banyak.. Ya seginilah adanya.. Yang banyak itu bumbu masakan..

 
Klo pagi di musim dingin, males banget nih nyuci piring.. Krena air nya dingin, jadi kuat banget bikit kuli terbelah-belah dan kering.. Dan dingin nya dingin banget.. Jadi say klo nyuci piring selalu pake sarung tngan.. Saya gak mau kena air dingin, bikin kulit kering dan terasa dingin terus..

  
Ini adalah meain cuci dan kmar mandi.. Tempat berendem air hangat 2x seminggu.. Klo mandi tetep tiap hari.. Klo berendem air hangat nya cukup 2x seminggu karena pake gas dan air. Di sini gas dan air bayar.. Jadi jangan sering2.. Hahahahahah.. Enak, adem klo dah berendem air hangat selama minimal 20menit.. Bisa melepas lelah.. Air hangat nya kita celipkan sabun pembersih yg harum, wanhi, dan berwarna..

Nah ini tampilan toilet nya.. Toilet di jepang kayak gini.. Kloset nya dah canggih.. Ada pengturan air panas dan dinginnya, trus bisa ngeluarin air sendiri buat menyiram pada saat bak dan bab.. Jadi ada pilihan tombol sendiri buat mengeluarkan air siram untuk bab dan bak.. Trus klo buat ngeflush nya sama kayak di indonesia  

 
Itu aja sekilas tentang rumah saya.. Yang di lantai dua hanya terdiri dari dua kamar, dan kami jarang menempati nya.. Hanya klo siang, klo anak2 ingin main ke atas, baru kita naik.. Lemari dan semua nya tidak kita gunakan.. Mungkin klo pulang, kita akan merindukn rumah ini.. Hehehehehehe.. Mari kita dokumentasi kn dulu, biar ada moment nya untuk anak2 kelak pas besar..

Jepang, 15januari 2016.. Kofu, Yamanashi

Advertisements

2 thoughts on “#008 My home sweet home di jepang

  1. Mitnaaa… beneran persis kaya di doraemon yaa.. suka liatnya,,, hihihi…
    btw aku naksir sama toilet duduknya, pencet2 an gt, berasa mencet android…
    Take care ya disana mitnaa… salam untuk akari dan akira…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s