#027 Masak

Sejak tinggal di jepang, saya hanya menjadi ibu rumah tangga, hanya menjaga dan mengurus anak2 di rumah.. Nah, waktu luang saya isi dengan memasak, memasak disini bisa 3-4kali sehari.. Awal nya hidup di negeri orang lain, kita perlu menyesuaikan makanan.. Karena masih baru tinggal di sini, jadi lidah ini masih lidah negeri sendiri. Bumbu2 pun masih menggunakan bumbu masak yg dibawa dr negeri asal. 

Saya itu mudah lupa, jadi setiap masak saya selalu lihat resep dulu di internet atau saya lihat di youtube untuk step by step nya.. Oh sangat membantu sekali laptop di rumah.. Sebagai orang yg hidup perantauan, saya kadang2 mencari masakan yg praktis, bahan yg sedikit dan mudah dalam membuat nya serta enak.. (Ya iyalah, tentu masakan enak yg dicari).. Hasil resep masakan nya akhirnya saya simpan di fesbuk atau di blog, berikut hasil masakannya.. Agar kelihatan, oh jadi nya begini.. Resep masakan ini saya simpan agar berguna bagi diri saya sendiri apabila saya mau masak lagi, hingga gak nyari2 resep org lain lagi.. Dan mudah2n juga bisa membantu org lain yg juga tinggal di negeri asing..

Karena semakin sering masak, sampailah tiba nya masak menjadi hobi saya.. Berbagai resep saya coba karena saya penasaran dengan rasanya dan penasaran dgn cara membuat nya.. Apalagi, sekarang tempat membeli bumbu masakan indonesia sdh saya temukan dan tempat membeli daging halal pun sudah saya temukan.. Wow, sangat mendukung saya sekali dalam hal masak memasak.. Saya jadi sangat senang, apalagi suami juga support saya.. 

Untuk bahan makanan seperti daging halal dan bumbu masakan indonesia, biasa nya saya belanja online di okubo.. Saya pesan secara online, bayar melalui transfer, nanti barangnya akan dikirim ke rumah dengan tambahan ongkos kirim.. Untuk bahan makanan seperti sayuran dan makanan laut, saya belanja di supermarket.. Oh iyah, salam pembelanjaan online disini hitungan ongkos kirim nya bukan per kg tp per sekali pengantaran ke wilayah tertentu dan banyaknya pembelian.. Semakin banyak kita belanja bisa2 free ongkir.. Klo di okubo, free ongkir klo kita belnja diatas 10rb yen dengan pembyaran secara transfer.. Bila belanja diatas 10rb dengan pembayaran cod, maka masih terkena charge.. Bila belanja 3rb-10rb dengan pembayaran transfer maka dikenakan ingkos kirim 550yen.. Itu sekilas tentang belanja bahan makanan.. Ini adalah bahan makanan yg pernah saya beli.. 

 

bumbu masakan
 
Sebelum saya menemukn tempat membeli bahan makanan ini, saya sempet pesen bahan masakan dr indonesia melalui saudara saya yg mau mampir ke jepang.. Ini adalah bumbu2 masakan yg saya butuhkan selama tinggal di jepang.. #cari bumbu praktis, hahahaay..

 

bumbu praktis indonesia
 
Saat ini hobby saya adalah memasak, setelah memasak kadang2 makanan nya saya foto.. Entahlah, tiba2 seneng banget dengan dua hal ini, masak dan foto.. Kadang2 sudah difoto bahan dan cara nya, eh, eh, eh, hasil nya tidak memuaskan.. Jadi kadang2 nyebelin gitu.. Pengen nya hasil sesuai dengan harapan dan foto nya pun sesuai harapan.. Foto2 nya pengen dihapus, tp kadng2 sayang klo foto lain nya sudah mendukung.. Nanti mau nyoba lagi, dan nyoba lagi masak dan foto nya.. Tapi kadang2, percobaan kedua tidak sebaik percobaan pertama.. Pernah saya berkali-kali membuat sesuatu, katakanlah martabak manis.. Percobaan pertama baik, tp tidak difoto.. Percobaan kedua karena kepengen lgi, eh gak tau nya gagal.. Percobaan ketiga, sdh jeprat jepret dgn foto bagus step by step nya tp hasil masakan tidak memuaskan.. Contoh cara membuat martabak manis ini.. Dari persiapan bahan sampai menaruh topping martabak, masih kelihatan bagus.. Eh, setelah martabak nya dibelah, ternyata roti nya tidak berpori.. Wakakakakaka.. Nah, itu yang saya belum ketahui kesalahan nya.. Apakah karena kurang bahan atau api nya yg terlalu kecil atau suhu ruangan pada saat adonan diistirahatkan.. Hehehehe.. Yg jelas, percobaan pertama berhasil.. Pada saat itu suhu udara masih normal tidak musim dingin kayak giNi (2x bikin martabak gagal di bulan desember 2015 dan januari 2016)

toping martabak

hasil martabak

Kelihatan pas di foto itu, martabak nya terlihat cemberut dan tidak bersemangat..  Tp akan saya coba kembali untuk membuat martabak manis.. Penasaran soalnya.. Hahahahahaha.. Agar bisa difoto hasilnya..

Ingin nya masakan itu berhasil sempurna, enak dan penampilan nya sesuai dengan keinginan yg ada di dalam otak sehingga enak dipandang.. Tp ternyata banyak hal yg mempengaruhi kegagalan dalam memasak:

  1. Bumbu, bisa jadi kurang lengkap nya komposisi bumbu mempengaruhi hasil masakan..  
    bumbu persiapan masak
     Kurangnya bumbu membuat masakan menjadi kurang sedap.. Bisa jadi kurang bumbu karena kurang nya bahan atau bumbu nya tidak ada.. Atau bisa jadi bumbu nya sudah lengkap tp takarannya yg kurang pas.. 
  2. Waktu yg tepat dalam mengkombinasikan bahan makanan. Misalnya bumbu sudah lengkap, takaran sudah sesuai, akan tetapi waktu mengkombinasikan komposisi nya yg kurang tepat. Misalnya ketika masak martabak manis, kita perlu menaruh baking soda nya belakangan.. Atau ada yg menyarankan pake fermipan yg dicampur dengan air terlebih dahulu diamkan benerapa saat. Contoh lain dalam memasak roti.. Saya pernah mendengar chef yg memasak roti katanya “jangan dekatkan garam dengan ragi instan.. Jadi taruh lah dulu garam nya dengan tepung nya, klo ditaruh bersamaan dengan ragi, maka ragi nya tidak bekerja..” Dan hal lain2 yg mungkin kita tidak ketahui efek dr kombinasi bahan masakan kita di waktu yg tidak tepat.
  3. Cara memasak.. Misal direbus atau digoreng atau dikukus. Perlu diketahui apakah alat untuk memasak nya perlu dipanaskan dahulu, lalu masak dengan api sedang, kecil atau besar.. Kadang kita mengetahui resep nya tapi kita tidak tahu bagaimana api kompor nya.. Bisa jadi juga kita mengetahui resep, tp kita tidak tahu cara memasak nya apakah ditutup rapat atau ditutup dengan penutup bolong2 atau ditutup trus tutup nya dibungkus dengan kain/serbet.. Seperti juga membuat roti, perlu kita tutup dengan kain basah atau kain biasa.
  4. Suhu ruangan. Suhu ruangan juga bisa jadi mempengaruhi makanan.. Misalnya untuk membuat roti maka adonan roti perlu kita istirahatkan dalam suhu ruang.. Kejadian yg saya alami, musim dingin disini suhu nya bisa dibawah suhu ruangan.. Jadi adonan roti perlu ditaruh didekat penghangat atau heater.. Jika adonan diistirahatkan di suhu dingin, maka hasil masakan tidak akan maksimal
  5. Suhu bahan makanan.. Misalnya perlu telur dingin atau susu dingin, atau air hangat.. Juga mempengarui hasil masakan.. Misalnya bikin bakso, maka kita perlu air dingin dr kulkas.. Atau jika kita mau membuat roti kukus yg tidak ngakak maka kita perlu telur yg disimpan di kulkas.. Dan banyak contoh lain lagi yg tidak kita ketahui..
  6. Teknik mengaduk makanan.. Contoh dalam memasak kue kukus atau bolu.. Kita perlu menjaga agar kue kukus atau bolu tidak bantat alias masih ada lubang udara dalam bolu.. Untuk menjaga udara tetap ada, maka teknik mengaduk adonan nya yaitu dengan cara mengaduk balik dengan spatula agar udara di adonan nya masih terjaga..
  7. Alat. Alat juga menjadi pengaruh besar dalam memasak.. Bisa jadi loyang, mixer, oven, kuas buat mengoles minyak, alat takar dan lain2 yang tidak memadai sangat mempengaruhi hasil masakan.. Lagi2 contoh dalam membuat kue atau roti, diperlukan mixer dengan kecepatan tinggi untuk mengaduk telur agar roti atau kue memgembang sempurna.. Bila tidak ada, bisa menggunakan whisk dengan kuat dan tanpa ada jedah berhenti agar menghasilkan adonan sama dengan hasil seperti di mixer..

Begitulah kejadian yg saya alami tentang masak. Kadang2 bingung gitu, ini kesalahan nya letak nya dimana.. Hehehehehe,. Klo gagal akhir nya gak difoto deh..

    Leave a Reply

    