#017 Edisi Makan Sushi episode 1

..Sushi..

Jepang, memang terkenal dengan makanan mentah nya.. Ikan yang biasa dimakan mentah ditaruh diatas nasi, nama nya sushi..  

 Nah, klo sashimi beda lagi, bener2 ikan mentah yang dimakan bersama shoyu dan wasabi..  

 Sashimi juga kesukaan saya. Tapi kali ini kita makan sushi, gak ada sashimi di restoran ini. Berikut cerita saya makan di rumah makan sushi untuk pertama kali nya..

  

Kemaren tgl 23 desember 2015 adalah hari libur.. Kami diajak papa akira makan di sushi di restorant khusus sushi, nama tempat nya sushi roo yang berada di jalan alpus.. Ini adalah pengalaman pertamasaya makan di restorant khusus sushi.. Wah senang sekali rasa nya duduk dan memilih sushi yg diinginkan.. Apalagi bisa melihat dulu sushi2 yg berjalan diatas ban putar disamping meja.. Rasa nya mau semua.. Hihihihihi.. Di jalan alpus ini juga ada tempat makan sushi selain ini, nama nya kappazushi, klo kappazushi ini belum pernah kami kunjungi. Di Sushi roo ini tersedia macam-macam sushi, udon dan kue2 dan minuman..  Nah kayak gini2 macam2 sushi yg disediakan, bisa dilihat dr menu nya..

 Sebelum datang ke restorant nya kita bisa lihat dulu di internet mau pesen sushi apa yg tersedia di sana dan dia buka jam berapa.. Pada saat itu papa akira nunjukkin ke saya, foto2 sushi nya, kira2 mau yang mana.. Wah, semua terlihat enak, kayak nya mau semua.. Hahahahaha.. 

Nah pas hari H,  kita berangkat dr rumah jam 12.30 karena kita booking jam 13.00..perjalanan kita hanya 15menit.. Sampe di tempat tujuan kita langsung checkin lalu menunggu di panggil oleh guide nya.. Di dalam restorant itu ada tempat menunggu dan mesin buat checkin.. Nanti ada guide nya yg ngasih tau klo no antrian kita dipanggil dan dia akan menunjukkan meja makan kita.. Pada saat itu orang rame makan di sana, jadi kami menunggu dulu, yang nunggu juga banyak.. Lumayanlah sekitar 15menit menunggu nya.. Lalu ketika giliran kita sdh tiba, guide nya mengajak kita ke meja yg kosong.. Kemudian kita makan duduk dan diberikan buku menu.. Nah di tempat duduk kita itu ada tertempel layar touch screen, kita juga bisa memilih menu di situ.. Tinggal pilih mau pesan sushi yang mana dan berapa banyak, lalu data akan terhunimg ke dapur, sehingga koki yg di dapur akan langsung membuatkan sushi pesanan kita..

  
Nanti sushi nya akan datang menuju meja sesuai dengan pesanan kita.. Atau kita juga bisa mengambil makanan yg sudah tersedia lewat ban berjalan disamping meja makan kita.. Nah di meja makan itu tersedia kecap asin jepang, jahe, teh ocha, sumpit.. Nah, ini papa nya sedang membuat teh ocha alias teh hijau.. Selagi menunggu pesanan sushi datang.. Teh ocha nya di sini gratis, bikin sendiri, dengan menuangkan serbuk teh nya yg ada di wadah hitam itu, trus tinggal pencet keran air panas nya.. Bisa seduh berkali-kali juga atau merefill.. Tersedia minuman lain juga selain ocha, ada coca cola, ada jus dan es krim.. Up to you!!

 Di atas ban sushi berjalan ada sumpit, tisue basah, tisue kering, sendok, dan cangkir.. Di meja makan kita juga, ada penunjukkan nampan sushi kita berwarna apa.. Nah, nampan sushi kami berwarna silver..  

 Nanti klo makanan yg kita pesan sdh datang, maka layar touch screen nya akan berbunyi.. Yang menunjukkan bahwa makanan kita sdh mau tiba.. Dan dilihat juga, warna nampan nya harus sesuai dengan warna nampan yg ditunjukkan di meja kita.. Dan jangan sekali-kali kita ambil makanan nya aja ya, trus piringnya ditinggal.. Hehehehe itu gak boleh.. Sushi kita sudah dtg, selamat makan   

akira sdg makan sushi ebi furai

 
mama makan sushi unagi
 
 Klo lihat disupermarket, unagi itu mahal.. Berhubung makan di sini harganya 100 yen semua untuk 2buah sushi, jadi saya msu merasaksn yg nama nya unagi.. Tp irisan unagi nya tipis sekali.. Hihihihi.. Oh iyah, unagi itu adalah belut. Selain sushi, kita bisa memesan makanan lain.. Saya memesan cawan musi dan tempura udon.. 

tempura udon

Setiap habis makan sushi, piring nya kita tumpuk.. Kelihatan kan berapa banyak piring yg kita makan..

 

akari pipi nya dah tembem, mungkin sdh kenyang

 Oh iyah, di sini klo selesai makan, bukan kita yg beresin, nanti pelayan nya yg akan beresin.. Tumben ya.. (Biasa nya klo ditempat-tempat makan lain, selesai makan, kita perlu beresin lho)..

Klo sudah selesai makan nya, maka layar youch screen nya kita tutup alias tekan tombol selesai.. Nanti pelayannya datang dan menghitung jumlah piring dan makanan yg kita habis kan.. Nanti bayarnya di kasir..  

 Silahkan mbak hitung brp banyak semua nya.. Hihihihi, yg jelas papa yg bayar..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s