#007 Event akhir tahun dan menyambut tahun baru di jepang

Event akhir tahun dan menyambut tahun baru di jepang:

A. Boonenkai (pesta makan akhir tahun)

Bonenkai itu adalah acara makan2 antara kerabat kerja.. Nah pas tanggal 28 desember 2015 lalu papa akira diajak temen nya makan2 di sebuah restorant.. Acara nya sampe malam.. Eh, pas pulang2 kita dioleh-olehin zosui, yaitu nasi dengan kuah kaldu nabe dengan telur kocok..

sozui
Serta dibawain tulang ikan fugu..

tulang ikan fugu
B. Soba akhir tahun atau dikenal dengan istilah toshikoshi soba.
Pada saat akhir tahun dan menyambut tahun baru, orang jepang biasa nya menikmati soba.. Istilah ini dinamakan toshikoshi soba.. Soba adalah jenis mie di jepang yang dibuat dari gandum hitam (buckwheat) dan kadang ditaburi nori (rumput laut). Karena itulah, soba cenderung berwarna gelap kehitaman. Soba dapat dimakan dalam keadaan panas dengan kuah kaldu ikan yang lezat, maupun dalam keadaan dingin.  Soba dingin dikenal dengan nama zaru soba atau sumetai soba. Soba dingin dimakan dengan cara mencelupnya ke kuah shoyu.

Nah, hari ini tgl 30 desember 2015 malam sktr jam 19.00, papa akira yg meracik soba.. Dan kami semua siap makan dan menunggu di ruang keluarga..  Eh, soba nya dh datang.. Yang kering ini, soba milik papa.. Itadakkmasu papa

zaru soba atau sumetai soba
Nah klo kami bertiga, makan nya yg berkuah kayak gini.. Yang ini milik akira, jangan direbut ya..

soba dengan kuah
Soba buatan papa akira enak sekali, bener2 lezatos.. Klo yang dibawah ini milik mama..

soba kuah
Uhm, itadakimasu..
C. Berkirim kartu ucapan di tahun baru atau dikenal dengan istilah nengajo

Tahun baru kali ini adalah tahun monyet.. Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru juga klo di jepang itu ada tradisi berkirim kartu ucapan.. Nah kali ini saya berikan contoh kartu ucapan yg saya kirim ke salah satu temen papa nya yang suka membantu kami.. Saya kirimkan foto anak saya dan gambar monyet sebagai simbol tahun 2016.. Disini saya hanya mengucapkan terima kasih sudah membantu kami di tahun lalu.. 

Klo di indonesia, kita suka berkirim kartu ucapan pada saat lebaran.. Namun, tradisi itu agak sedikit ditinggalkan.. Klo di sini masih membudaya untuk berkirim ucapan lewat pos.. Kartu ucapan ini dikirim lewat kartu pos menjelang akhir tahun.. Nah, papa akira beli kartu ucapan nya di lawson, trus ucapan dan design gambar nya kita print sendiri, termasuk alamat nya.. Di kartu ucapan itu sdh ada perangko nya.. Jadi klo sdh diprint, kita tinggal taruh di kotak pos.. Kami mengirim krtu ucapan ini tanggal 28 desember 2015 agar pegawai yg mengantarkan kartu nya bisa mengantarkan tepat tanggal 1 januari tahun 2016.. Jadi first in, first out.. Klo ngirimny mepet, khawatir nya nyampe nya gak tanggal 1 karena yg ngirim ucapan ini banyak sekali.. Jadi kata papa akira, pegawai pos nya pun ditambah untuk mengurusi urusan kartu ucapan tahun baru ini.
Nah, kami pun mendapatkan banyak kartu ucapan pas tgl 1,2 dan 3 januari 2016..

D. Bersih2 rumah alias oosouji

Menjelang akhir tahun dan menymbut tahun baru, klo tradisi di jepang ada bersih2 rumah yg dikenal dengan nama oosooji.. Nah, jadi kmrn tepat nya tgl 29 desember 2015 kami bersih2 rumah mulai dr ruang keluar, tempat tidur, kamar mandi, wc dapur dan lain2.. Ini papa sedang membersihkan ruang tidur kami pake vacum cleaner..

 

bersih bersih rumah
 
E. Akira dan akari dapet Angpao tahun baru..
“Hore, tahun baru sdh tiba.. Beres2 sdh dan akhirnya aku dapat angpao dr papa.. Makasih papa..”
Klo dijepang, ada tradisi memberikan angpao kepada anak2 kecil bila tahun baru tiba.. Biasa nya angpao nya diisi dengan uang baru dan ditaruh di amplop.. Klo di indonesia, kebiasaan seperti itu dilakukan pada saat lebaran..

  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s