#009 Tips menyimpan sayuran episode 1

Tips menyimpan sayuran

Kadang kala, kita sebagai ibu rumah tangga membeli sayuran dalam jumlah besar dan banyak.. Ada yg buat keperluan seminggu ada juga yg buat kebutuhan selama sebulan.. Kadang kala, bukan sekedar banyak saja yg kita beli, namun kita tidak punya banyak waktu untuk memasak sehingga sayuran yg kita beli jadi terlupakan.. Nah berikut tips dan trik dalam penyimpanan sayuran agar sayuran tidk mudah busuk atau layu.. Ada beberapa sayuran yg bisa saya informasikan cara penyimpanan nya karena ini saya dapatkan dari pengalaman saya pribadi

1. Kol. 

Kol yg dijual dipasaran biasa nya dalam jumlah besar, bisa satu, bisa setengah, dan bisa juga seperempat nya.. Nah, kol ini biasa nya dipake buat dimasak di campuran sayur sop, bakwan, soto, atau pun sekedar dijadikan lalapan atau salad.. Kol bisa disimpan tanpa harus di kulkas, penyimpanan kol bisa di ruangan terbuka, yang penting kol tersimpan dalam keadaan tertutup tidak terkena udara.. Agar pinggiran kol tidak menjadi hitam.. Untuk menyimpan nya tidak perlu dicuci dulu, biarkan dalam keadaan apa ada nya.. Atau jika ingin dibersihkan, buang saja bagian yg ada hitam2nya.. Biasa nya saya menyimpan kol dengan plastik wrap, jadi sangat kedap sekali.. Klo plastik wrap nya bolong, ya bungkus lagi dengan kantong plastik.. Insya Allah bisa bertahan sampai 3minggu.. Ini gambar kol saya yg sudah 3minggu dibeli..  

pemnyimpanan kol
 
2. Wortel. 

Wortel bisa dibeli dalam jumlah satuan atau kiloan.. Klo wortel kita gak perlu khawatir, karena kita bisa beli sedikit sesuai kebutuhan.. Tp ada juga mungkin ibu2 yang pengen beli wortel dalam banyak, biar sekalian tidak mondar-mandir untuk menghabiskan waktu ke pasar.. Penyimpanan wortel yg belum dikupas bisa ditaruh di tempat terbuka, bila dimasukkan ke dalam plastik, usahakan plastik nya dibolongi agar ada lubang udara nya.. Wortelnya tidak perlu dicuci sebelumnya, biarkan dalam keadaan apa adanya dr pasar nya.. Wortel bisa bertahan 2minggu.. Untuk wortel yg sdh dikupas atau dipake separuh, letakkan sisa wortel di dalam kulkas.. Sisa wortel yg sdh dipotong dibungkus dengan plastik wrap tertutup lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas agar wortel tidak kering dan pinggiran wortel tidak menjadi hitam..

penyimpanan wortel yg belum dipakai

3. Brokoli.  

 Biasanya saja beli brokoli di supermarket.. Brokoli nya biasa nya sdh dalam keadaan tertutup dengan plastik wrap yg kedap udara.. Nah, untuk penyimpanan brokoli bila sebagian telah saya gunakan, makan saya tutup rapat lagi dengan plastik wrap sampai kedap dan saya usahakan dulu sebelumnya brokoli nya tetap kering alias tidak berair pada saya penyimpanan.. Karena bila brokoli nya sdh terkena air, kemungkinan dia akan menjadi kuning atau menjadi hitam lalu busuk.. Jadi sebelum di tutup dengan plastik wrap kedap udara, usahakan brokoli nya kering terlebih dahulu.. 

 4. Bawang bombay. Klo di supermarket jepang, bawang bombay yg dijual kebnyakan besar2.. Bawang bombay bisa dibeli satuan dan bisa juga dibeli dalam jumlah banyak.. Klo disini, dijual satu bungkus bisa berisi 3-8 siung bawang bombay.. Nah, untuk bawang bombay yg belum pernah dipakai sama sekali, penyimpanan bawang bombay bisa ditaruh ditempat terbuka.. Bila ditutup dalam plastik, maka plastik nya perlu dibolongi.. Kalo bisa ada udara keluar masuk.. Bawang bombay bisa bertahan selama sebulan.. Untuk bawang bombay yg sudah dipakai separuh, maka sisa bawang bombay bisa disimpan di kulkas.. Cara nya tutup sisa bawang bombay dengan plastik wrap dengan ketat, lalu simpan dalam wadah tupperware fridgesmart dengan dua katup tertutup.. Hal ini agar menjaga bawang bombay tidak mudah busuk dan tidak mudah kering..

 

penyimpanan bawang bombay

 5. Daun bawang

Daun bawang yg biasa nya kita belinitu besar dan panjang.. Uhm, masak pake daun bawang itu memang terasa sedap nya.. Kalau saya biasa nya menyimpan daun bawang yg dikulkas. Sebelumnya daun bawang nya dibersihkan terlebih dahulu, lalu ditiriskan atau dikeringkan sebentar, kemudian dipotong lalu disimpan di tupperware fridgesmart dengan dua katup tertutup lalu taruh di kulkas.. Daun bawang bisa bertahan selama 2 minggu..

 

penyimpanan daun bawang, wortel yg sdh dipakai, dan bawang bombay yg terpakai

 
penyimpanan di kulkas dengan tupperware fridgesmart dengan dua katup tertutup

6. Kentang. 

Kentang yg dibeli dipasaran atau disupermarket, tidak perlu dicuci terlebih dahulu.. Biarkan apa adanya.. Penyimpanan kentang yg masih utuh bisa ditaruh ditempat terbuka, bila disimpan dalam plastik, usahakan plastik nya memiliki lubang udara.. Kentang tidak perlu disimpan di kulkas.. Kentang bisa bertahan selama sebulan.. Untuk kentang yg sdh dikupas, kentang jarang bertahan lama.. Biasanya untuk sisa kentang yg sdh dikupas, biasa nya saya rendam saja di dalam mangkok yg berisi air, lalu tatuh ditempat terbuka, boleh ditutup, boleh juga terbuka.. Biasanya saya menyimpan begitu tidak lebih dr 2hari, bila lebih dr 2hari, biasanya langsung saya goreng sebagai cemilan anak2.. Tidak perlu disimpan di kulkas.. Penyimpanan kentang kupas/kentang potong dikulkas tanpa air menyebabkan kentang cepat busuk dalam waktu sehari.. 

7. Bawang putih. Bawang putih bisa disimpan di tempat terbuka.. Bila dimasukkan dalam plastik, usahakan masih ada udara yg bisa keluar masuk..

 

penyimpanan bawang putih

Tips lain, kita juga perlu memperhatikan fridgesmart yg dipakai, usahakan tutup dan wadah nya tidak basah.. Jadi setiap minggu kita perlu memperhatikan dan mengelap tutup dan wadah nya, bila perlu dicuci lalu dikeringkan agar sayuran tidak mudah busuk terkena embun dalam fridgesmart..

tutup fridgesmrt yg berembun
Advertisements

2 thoughts on “#009 Tips menyimpan sayuran episode 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s