#004 Siomay

..Siomay bandung..

siomay bandung


Di jepang ternyata ada juga ya siomay bandung.. Hahahahaha..
Isi nya juga sama, kol, kentang, siomay, batagor, telur rebus, eh tahu nya kelupaan disajikan, pake bumbu kacang dan kecap serta saos tomat.. Mau tambah saos sambal juga boleh..
Anak saya, akira suka banget, dia paling suka karena saos kacangnya.. Bumbu kacang nya saya buat satu toples selai ukuran 200gram, habis buat sekali makan pagi ini aja.. Hehehehe..
Siomay bandung
Hasil eksekusi 26 desember 2015 jam 07.00

Bahan :
Pelengkap
1. Kol kukus 5menit
2. Kentang rebus
3. Telur rebus
4. Tahu

Siomay
Nah untuk siomay nya, kita bikin yg bentuk shumay nya orang cina, kayak shumay di dimsum2 itu, yang seperti ini nih, oh lezatos.. Anak2 kan biasa nya makan nya tanpa sayuran, jadi buat anak2 makan shumay nya aja dengan saos tomat..

 

shumay

Bisa juga klo kamu mau bentuk kayak gyoza, terserahbisa nya kayak apa heheheh..

Nah ini bahan2 buat shumay nya..

5. Kulit lumpia

6. 200gram daging giling ayam

7. 75gram udang lalu dicincang
8. 3siung bawang putih, haluskan
9. 1putih telur
10. 1sdm minyak wijen
11. 1sdm saos tiram
12. 1sdt garam
13. 1/2sdm kecap asin jepang
14. 50ml air
15. 200gram tepung kanji

Saos kacang
16. Kacang goreng, lalu haluskan

Klo dijepang nih, cara ngulek nya begini..

Ulekannya lucu, bikin pegel dan lama klo belom terbiasa.. Saya ngulek ini bisa ngabisin waktu 4jam.. Hueheheheh.. Nangis seneng, gak papa lah namanya juga penyesuaian.. Belajar terus, belajar terus, semangat belajar.. Nanti lama2 juga terbiasa.. Hehehehehe… Semangat!! Maju terus pantang mundur.. Oh iyah, lanjut ke sambungan bumbu nya ya.. Kok jadi curhat!!!
17. 5siung bawang putih halus
18. 3butir kemiri
19. 1buah gula merah
20. 1sdm jeruk nipis
21. 175ml air
22. 1sdm kaldu ayam

Cara membuat :
1. Telur dan kentang direbus..
2. Kol di kukus, baru diisi dengan adonan, atau klo mau gulung aja langsung setelah dikukus juga gak papa..
3. Daging giling ayam dicampur dengan udang cincang, aduk2..
4. Masukkan minyak wijen, kecap asin, saos tiram, bawang putih, putih telur, aduk2..
5. Tambahkan putih telur
6. Tambahkan air
7. Tambahkan tepung kanji sesendok demi sesendok..

8. Masukkan adonan ke dalam kulit pangsit
9. Kukus selama 20menit..

Bumbu kacang:
1. Tumis kcang yg sudah dihaluskn dengn kemiri dengn sedikit minyak, matikn api..
2. Masukkan bawang putih halus, tambahkan 175ml air
3. Aduk rata..
4. Nyalakan api, masukan gula merah dn kaldu bubuk
5. Tambahkan 1sdm jeruk nipis
6. Aduk2 sampai meletup-letup atau keluar sedikit minyak..

Nah, klo mau makan, silahkan ditata sendiri sesuai selera ya.. Hehehehe..

 

siomay bandung siap disantap

shumay dengan saos tomat
Klo gambar saos tomat itu selera nya akari, anak saya cewek yg paling kecil..

siomay porsi papa
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s